logoblog

Cari

ASA Community Ikut Festival Gapura Cinta Negeri

ASA Community Ikut Festival Gapura Cinta Negeri

KM. Sukamulia - Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI Ke-74, ASA Community ikut berpartisifasi menggaungkan semangat Dirgahayu RI dengan ikut serta

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
17 Agustus, 2019 20:31:09
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 3332 Kali

KM. Sukamulia - Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI Ke-74, ASA Community ikut berpartisifasi menggaungkan semangat Dirgahayu RI dengan ikut serta sebagai peserta Festival Gapura Cinta Negeri yang diselenggarakan oleh pemerintah RI. Tujuan ASA Community mengikuti festival tersebut adalah sekedar ikut berpartisipasi serta menyemat jiwa nasionalisme dan jiwa gotongroyong warga dalam menyambut hari kemerdekaan RI ke-74.

Festival Gapura Cinta Negeri merupakan Lomba yang digelar pemerintah RI untuk meneruahkan HUT RI Ke-74. Pendaftar lomba dibuka sejak tanggal 17 Juli - 17 Agustus 2019. Festival ini dibuka untuk dua kategori, yakni kategori umum dan kategori lembaga/instansi dan sejenisnya. Terkait dengan hal tersebut, ASA Community membuat Gapura Cinta Negeri bertema "Membangkitkan Nilai-Nilai Gotongroyong dan Kesatuan Bangsa".

Gapura Cinta Negeri ASA Community dibuat dari bahan kayu dan triplek bekas dengan konsep yang sederhana. Gapura ini termasuk dalam kategori Gapura Tidak Permanen. Ide mengikuti Festival Gapura Cinta Negeri diinisiasi oleh Ketua ASA Community (Asri) setelah mendapatkan informasi dari media sosial terkait dengan Festival Gapura Cinta Negeri tersebut pada tanggal 07 Agustus 2019.

Pada tanggal 08 Agustus 2019, Asri menyampaikan sekaligus mengajak Warga ASA Community (Warga Masyarakat Dusun Sukamulia) untuk berpartisipasi dalam festival tersebut dengan tujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan nilai kegetongroyongan masyarakat setempat.

Ide tersebut diterima dan mayarakat serta pemuda dan rema-remaji setempat bersama-sama mengumpulkan bahan (kayu dan triplek bekas) serta dana seikhlasnya untuk pembelian bahan dan alat pembuatan gapura (cat minyak, kuas, benang, minyak cat, kertas minyak dan kain merah putih sebagai bahan pembuatan bendera). Terdapat 57 orang warga, 32 orang pemuda dan pemudi serta 28 orang remaja-remaji yang ikut andil menyumbangkan dana sehingga pada tanggal 08 Agustus 2019 (malam) terkumpul dana sebesar Rp. 800.000.

Dana sebesar Rp. 800.000 itulah yang digunakan membeli segenap kebutuhan pembuatan Gapura Cinta Negeri beserta pernak-perniknya. Untuk Bendera Merah Putih yang dipajang di sekitaran gapura dan jalan sekitan kampung adalah hasil karya saudara M. Dian Apriadi (Sekertaris ASA Community yang berprofesi sebagai penjahit). Dari dana yang terkumpul, kami dapat membeli 4 meter kain warna merah dan 4 meter kain warna putih. Kain berjumlah 8 meter itu dibuat menjadi 19 buah bendera berukuran 80 cm x 45 cm. 19 buah bendera dan 45 cm ukuran lebarnya menunjukkan tahun kemerdekaan RI dan angka 80 cm menunjukkan bulan kemerdekaan, yakni bulan delapan (Agustus). Selanjutnya tanggal kemerdekaan tercermin pada jumlah kertas minyak warna merah putih yang berjumlah 8 warna merah dan 7 warna putih dan kertas itulah yang dibuat menjadi bendera kertas yang di pasang di sepanjang jalan dan gang-gang di kawasan RT.016 Dusun Sukamulia serta di area Pantai Pondok Kerakat Dusun Sukamulia.

Proses pengerjaan gapura menghabiskan waktu kurang dari 24 Jam. Proses pembuatannya dimulai pada hari Jum’at Malam (09 Agustus 2019) dan proses finising dilaksanakan pada sore hari tanggal 10 Agustus 2019. Pemasangan atau pendirian Gapura Cinta Negeri ASA Community dilaksanakan pada sore hari Rabu (14 Agustus 2019). Gapura Cinta Negeri ASA Community berukuran tinggi 4 meter dengan lebar 4,5 meter. Pada bagian atas gapura terpasang tulisan DIRGAHAYU KE-47 INDONESIA, tulisan ini terbuat dari bahan kardus yang dibubuhi cat merah putih dan dirangkai menggunakan benang sepanjang 4,5 meter. Ukuran panjang gapura di kiri dan kanan berjumlah 8 meter (menunjukkan bulan kemerdekaan) dan lebarnya 4,5 meter menunjukkan tahun kemerdekaan.

 

Baca Juga :


Di depan Gapura terpasang 11 bender merah putih, tujuh di bagian sebelah kiri dan empat bendera di bgian sebelah kiri. 11 buah bendera yang dibagi menjadi (tujuh di kiri dan 4 dibagian kanan) menunjukkan usia kemerdekaan Indonesia, yakni 74 tahun. 

Proses pembuatan Gapura Cinta Negeri ASA Community melibatkan elemen Pemuda, Remaja dan Anak-Anak yang tinggal di RT.016/RW.004 Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Proses pembuatan hingga pemasangan gapura dilaksanakan dengan bergotong royong dan penuh antusias.
Gapura Cinta Negeri ASA Community didirikan di lokasi bekas Gapura Dusun Sukamulia (gerbang masuk Dusun Sukamulia) yang roboh karena Gempa Lombok yang terjadi pada tanggal 05 Agustus 2018 lalu. Tempat pemasangan gapura ini adalah jalur utama menuju Objek Wisata Pantai Pondok Kerakat yang setiap harinya dilalui oleh wisatawan yang berekreasi ke pantai tersebut. Hal dilakukan supaya setiap orang yang berlalu lalang di jalan ini mengingat bahwa pada tanggal 17 Agustus 2019 ini Indonesia sudah merdeka selama 74 tahun.

Meskipun Gapura Cinta Negeri ASA Community ini dibuat dengan bahan seadanya dan bentuk yang sangat sederhana, namun setidaknya warga Dusun Sukamulia Desa pohgading Timur dan sekitarnya ikut berpartisipasi merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-74 dengan hastage SDM Unggul Indonesia Maju. ASA Community mendaftarkan karyanya pada Jum'at malam (16 Agustus 2019).

Perlu diketahui bahwa ASA Community adalah komunitas warga Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur yang berdiri pada tahun 2012 dengan semboyan, “Nasionalis, Religius dan Komitmen. Semoga Indonesia semakin Maju dan Unggul dalam segala bidang, semoga Kesatuan dan Persatuan NKRI semakin utuh dan semoga diusia ke-74 ini SDM Masyarakat Indonesia Semakin Unggul demi terwujudnya Indonesia yang Maju dan Beradab. Jayalah Indonesia Ku. NKRI Harga Mati. MERDEKA SEKALI MERDEKA TETAP MEREKA.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan