logoblog

Cari

Upacara Peringatan Hut Ke-74 Ri Bawah Laut Di Perairan Sumbawa Barat

Upacara Peringatan Hut Ke-74 Ri Bawah Laut Di Perairan Sumbawa Barat

  Sumbawa Barat. Diskominfo - Berbagai cara digelar di suluruh Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke 74 Republik Indonesia. Salah satunya

Peristiwa

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
19 Agustus, 2019 07:05:29
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 1224 Kali

 

Sumbawa Barat. Diskominfo - Berbagai cara digelar di suluruh Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke 74 Republik Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan upacara bendera di bawah laut, hal tersebut semakin mengukuhkan Indonesia sebagai Negara maritime dengan kekayaan laut yang sangat indah dan beragam, sekaligus mempromosikan wisata bahari Indonesia.

 

Salah satu upacara bawah laut yang telah digelar di teluk Benete, Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sabtu (17/8). Upacara tersebut digelar oleh perusahaan pengelola sumberdaya alam PT Aman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT). Berbagai persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari untuk memastikan kegiatan upacara bawah laut ini berjalan dengan baik.

 

Lebih dari 20 orang penyelam yang tergabung dalam Sumbawa diving club ikut dalam upacara bendera bawah laut ini.
“Kami dari klub diving batu hijau akan melakukan pengibaran  bendera untuk melaksanakan upacara 17 Agustus. Banyak persiapan yang sudah kami lakukan, namun yang paling penting diperhatikan adalah keselamatan penyelam. Kami sudah rapat formasinya seperti apa dan caranya bagaimana saya rasa teman-teman sudah siap untuk kegiatan ini,”kata Presiden Sumbawa Diving Club, Ilyas Yasmin saat diwawancara, Minggu (18/8).

 

Upacara diawalai dengan pembentangan bendera merah putih dipermukaan air, seluruh peserta membentuk formasi lingkaran dengan bergandengan tangan sambil menyanyikan lagu Padamu Negeri. Pengibaran bendera Merah Putih di teluk Benete tersebut dilakukan di kedalaman 15 Meter dengan kondisi dasar laut didominasi pasir dan karang yang mati sehingga tidak mengganggu ekosistem terumbu karang.

 

 

Baca Juga :


Dipimpin seorang Inspektur upacara, pasukan pengibar bendera menaikan Sang Saka Merah Putih. Pengibaran bendera Merah Putih di laut tentunya berbeda dengan pengibaran bendera di darat, ada tantangan tersendiri karena penyelam harus mengontrol keseimbangan di dalam laut serta mempertahankan posisi karena kondisi laut sedikit berarus sembari fokus mengikuti jalannya upacara.

 

Perairan Sumbawa Barat sendiri merupakan salah satu surge alam bawah laut Indonesia yang keindahannya tidak kalah dengan perairan Indonesia bagian timur lainnya. Perairan Sumbawa Barat menjadi rumah bagi berbagai jenis karang dan berbagai jenis ikan.

 

Pengibaran Sang Merah Putih di bawah laut menjadi momen berharga untuk memperingati HUT ke 74 Republik Indonesia dan mengingat kembali perjuangan para pahlawan yang berhasil merebutkemerdekaan Indonesia. Sekaligus mengukuhkan kembali Indonesia sebagai Negara maritime, surge alam bawah laut. Mari jaga bersama laut Indonesia. (feryal/tifa).

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan