logoblog

Cari

Bimtek Pengurus Bumdes Se-kabupaten Lombok Timur

Bimtek Pengurus Bumdes Se-kabupaten Lombok Timur

BIMTEK PENGURUS BUMDES SE-KABUPATEN LOMBOK TIMUR KM. MASBAGIK. Jalannya roda perekonomian di suatu daerah dapat menjadi tolok ukur dalam melihat keberhasilan.

Peristiwa

KM Masbagik
Oleh KM Masbagik
09 Oktober, 2019 07:41:13
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 1717 Kali

BIMTEK PENGURUS BUMDES SE-KABUPATEN LOMBOK TIMUR

KM. MASBAGIK. Jalannya roda perekonomian di suatu daerah dapat menjadi tolok ukur dalam melihat keberhasilan. Semakin baik tingkat ekonomi di suatu tempat maka kesejahtraan masyarakatnya pun akan baik pula. Begitu juga dengan sebaliknya jika tingkat perekonomian di suatu tempat rendah maka kesejahtraan masyarakatnya pun akan rendah juga. Untuk mendongkrak pendapatan di suatu Desa maka Pemerintah mewajibkan seluruh Desa untuk menggerakkan roda perekonomian. Salah satu caranya yaitu dengan mengaktif optimalkan kinerja dari BUMDES (Badan Usaha Milik Desa).

Pentingnya lembaga ini membuat Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui dinas BPMD (Badan Pengembangan Masyarakat Desa) Kabupaten Lombok Timur untuk melakukan kegiatan bimtek mencakup seluruh BUMDES yang ada di wilayah Lombok Timur. Pertemuan ini berlangsung selama dua hari yaitu hari Senin dan Selasa (7-8/10-2019) yang bertempat di Gedung BPMD Kabupaten Lombok Timur. Berbagai hal yang dibahas pada pertemuan tersebut yakni mengenai tugas dan peran penting BUMDES dalam memberikan kontribusi kepada Pemerintah Desa. Namun dibalik itu juga sangat diperlukan ketelitian dan keahlian khusus dalam mengelola lembaga ini. Jangan sampai uang yang telah dikucurkan pemerintah Desa untuk mengembangkan usaha habis atau bisa dikatakan rugi.

Pencatatan keuangan menjadi salah satu kata kunci untuk melihat sejauh mana perkembangan dari usaha BUMDES yang telah dilakukan. Mulai dari buku kas harian hingga laporan pertanggung jawabana tahunan haruslah dibuat sebagai bukti telah melakukan kegiatan. Seiring dengan perkembangan zaman penulisan laporan sudah bisa menggunakan aplikasi yang dinamakan SIA Bumdes. Dari aplikasi yang diajarkan pada saat bimtek ini diharapkan akan semakin mempermudah kerja pengurus dalam menjalankan kegiatannya. Tentu waktu yang singkat hanya dua hari tidak cukup untuk memberikan pemahaman yang dalam kepada para pengurus BUMDES. Namun, diharapkan setelah pertemuan itu akan ada pertemuan-pertemuan lanjutan di tingkat kecamatan. Salam toes dari kampung. Mari meriri.

 

Baca Juga :


By_Andre D’Jails



 
KM Masbagik

KM Masbagik

Nama: Andre Kurniawan, S. Pd. TTL: Kesik, 01 April 1990. Alamat: Desa Kesik Kecamatan Masbagik. Pekerjaan: Swasta. No. HP: 082340354845. Email: Andrejail17@yahoo.com.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan