logoblog

Cari

Cegah Radikalisme Kodim 1606/Lobar Gelar Pembinaan Anggota

Cegah Radikalisme Kodim 1606/Lobar Gelar Pembinaan Anggota

Mataram - Beredarnya isyu kebangkitan PKI Dan Munculnya pengaruh paham radikalisme di Tanah air menimbulkan kegelisahan yang berakibat mudahnya profokasi masuk

Peristiwa

Nanang Abdul Hamid
Oleh Nanang Abdul Hamid
11 November, 2019 17:56:52
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 1071 Kali

Mataram - Beredarnya isyu kebangkitan PKI Dan Munculnya pengaruh paham radikalisme di Tanah air menimbulkan kegelisahan yang berakibat mudahnya profokasi masuk ditengah tengah masyarakat. Bukan hanya rakyat, namun sejumlah oknum aparat penerintahan juga diduga ada yang terperangkap.
Mengantisipasi hal tersebut, Kodim 1606/Lobar menggelar kegiatan Pembinaan Antisipasi Balatkom Dan paham radikalisme Kodim 1606/Lobar TA 2019.
Acara tersebut digelar di Makodim 1606/Lobar dalam tema"Melalui Pembinaan Antisipasi Balatkom Dan paham radikalisme senantiasa waspada Dan mampu mengambil langkah yang tepat dalam mengamankan Dan menjaga keselamatan bangsa dan NKRI dari segaka macam bentuk dan ancaman terutama bangkitnya kembali bahaya laten komunis Dan paham radikalisme", Senin 11/11.
Acara tersebut dihadiri Dandim 1606/Lobar, Ketua Persit KCK Cab. XXV Dim 1606/Lobar dan jajarannya, Perwira, Bintara, dan Tamtama Disjan Korem 162/WB, PNS Kodim 1606/Lobar.

Dandim 1606/Lobar, Kolonel Czi. Efrijon Croll, S.IP., M.M., dalam sambutannya mengatakan,"Kegiatan ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Kodim 1606/Lobar dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat  demi tetap tegaknya dan utuhnya wilayah  NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.
Berakhirnya era Orde Baru yang digantikan dengan Era Reformasi dipenghujung abad ke 20 menimbulkan dilema dan tantangan yang beragam, mulai dari masalah korupsi, Reformasi birokrasi, hingga isyu radikalisme atau makar yang beredar saat ini. 
Radikal sendiri mempunyai arti menurut kamus besar bahasa Indonesia  adalah paham atau aliran yang Radikal dalam berpolitik. Paham atau aliran yang menginginkan perubahan sosial dan politik dengan cara kekerasan dan sikap ekstrim dalam aliran politik.
Paham seperti ini ibarat racun dalam idiologi Pancasila seperti halnya komunis, PKI/FDR 1948, gerakan DI/TII, dan negara Islam Indonesia yang muncul pada era 1950 an menjadi ancaman awal bagi NKRI.
Gerakan ini disatukan oleh visi dan misi yaitu ingin mengganti dasar negara menjadi idiologi lainnya.
Dalam rangka memantau perkembangan situasi diwilayah akhir akhir ini kita sering tersentak dengan pemberitaan melalui media masa bahwa ditengah tengah masyarakat yang kita anggap aman dan normal seperti biasa saja, tiba tiba diketahui,  berbagai aktifitas yang mengarah kepada gangguan pertahanan dan keamanan, seperti masalah terorisme, paham radikalisme, dan bangkitnya paham komunis," paparnya. 
Dandim juga mengajak kepada semua pihak untuk secara bersama sama merapatkan barisan , tingkatkan kerjasama antara aparat komando kewilayahan maupun non satkowil  di wilayah masing masing.

Acara dilanjutkan dengan penyajian materi tentang sikap langkah TNI AD terhadap komunisme dan radikalisme oleh Pasiinteldim 1606/Lobar Kapt.Inf.Wayan Sulendra, S.H., M.H.
Selanjutnya Kapt.Inf.Asep Okinawa.M., menyampaikan tentang pengawasan kelompok Radikal.  Sedangkan Kapt.Inf. Turmuji menyampaikan tentang perkembangan paham Radikal.  Sementara Pasiterdim 1606/Lobar, Kapt. Inf. A.A.G. Rai Budiana menyajikan materi tentang perkembangan sejarah dan tindakan terhadap PKI.
Acara berlangsung dengan khidmat dan lancar sesuai program yang telah ditetapkan. (N3G)

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan