logoblog

Cari

Kampung Berseri Astra Jadi Ajang Lomba

Kampung Berseri Astra Jadi Ajang Lomba

Diiringi music tradisional Gendang Belek, tadi pagi sekitar pukul 09.00 wita rombongan dari Astra Jakarta, Marwan Hakim salah seorang penerima Apresiasi

Peristiwa

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
15 November, 2019 04:03:42
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 1207 Kali

Diiringi music tradisional Gendang Belek, tadi pagi sekitar pukul 09.00 wita rombongan dari Astra Jakarta, Marwan Hakim salah seorang penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2013 dibidang pendidikan, para peserta Lomba Foto Astra 2019 dan Anugerah Pewarta Astra 2019 memasuki kawasan Kampung Berseri Astra Dasan Cermen dan disambut oleh tarian tradisional dari siswi TK Edelweis Dasan Cermen di halaman Kantor Lurah Dasan Cermen. (14/11/2019) 

Kampung Berseri Astra (KBA) yang berlokasi di jalan Paica Sari Kelurahan Dasan Cermen Kecamatan Sandubaya Kota Mataram ini menjadi binaan Grup Astra Affco Mataram dan berada di 5 lingkungan yakni Lingkungan Dasan Cermen Asri,Lingkungan Dasan Cermen Barat,Timur,Utara dan Selatan.

Saat memberikan sambutan Ketua KBA Henny Suyasih,S.STP mengatakan sejak dilounching pada tahun 2016 menjadi Desa Wisata atau Kampung Berseri Astra oleh Tim Astra membuat dirinya harus ekstra keras berfikir bagaimana mengembangkan kampungnya sehingga layak dikatakan KBA, pasalnya Kampung Dasan Cermen berada di wilayah Kota Mataram yang tidak memiliki obyek wisata yang sifatnya alami seperti pantai.

“Saya termasuk orang yang cukup pusing, karena memang, wisata apa kira-kira karena secara alami kami tidak punya,kemudian tidak ada yang namanya pantai. Dasan cermen ini berada diperbatasan bagian selatan wilayah Kota Mataram sehingga harus memikirkan potensi apa kira-kira yang kita harus angkat ketika sudah disebut bahwa desa ini akan menjadi Desa Wisata. Kami mencari potensi itu, apa yang bisa kita angkat, akhirnya potensi wisata edukasi, yang bisa mengedukasi mulai dari apa namanya anak-anak SD, sampai dengan mahasiswa yang sering melakukan penelitian di sini, itu kami jadikan sebagai salah satu wisata bagi pelajar, tetapi tidak menutup kemungkinan juga wisata yang lain seperti bagaimana tata cara ternak dan seterusnya sampai dengan ternak ikan lele pun kami sudah ada”. Tutur Henny

Terkait dengan lokasi atau spot-spot sebagai pendukung KBA seperti ternak sapi,lele,ayam dan itik, Henny mengakui tanah itu merupakan milik masjid yang dikelola bersama oleh masyarakat setempat secara berkelanjutan dengan system sewa, yang nantinya hasilnya sewanya dimasukkan ke masjid dan sistem ini sudah berlangsung cukup lama.

Untuk melancarkan kegiatan dari pada Kampung Berseri Astra, Henny bersama warga membentuk 4 Program, pertama Pilar Pendidikan, kedua Pilar Lingkungan, ketiga Pilar Ekonomi dan keempat Pilar Kesehatan.

Untuk Pilar Pendidikan,kata Henny pada tahun 2016 mendapatkan dukungan dari Astra berupa perbaikan sarana pendidikan untuk dua lokal sehingga cukup memadai menjadi fasilitas pendidikan yang menyenangkan untuk anak-anak. Selain itu mendapatkan bantuan beasiswa untuk 35 anak di mana beasiswa dibagi 3 yakni 15 orang untuk tingkat SD, 15 orang tingkat SMP dan sisanya untuk tingkat SMA dan beasiswa ini berturut-turut dari tahun 2016 sampai dengan 2020.

“Nantinya mudah-mudahan, kalau seandainya Tim Astra Internasional menginginkan anak-anak yang kurang mampu tetap memiliki prestasi, mudah-mudahan tetap ada dukungan itu sampai seterusnya kami sangat mengharapkan sekali”. Harap Henny

Sambung Henny, terkait muatan lokal yang ada di Kelurahan Dasan Cermen ini agar dibantu juga untuk membina dan mengangkat muatan lokal yang ada seperti Musik Tradisional Gendang Beleq,Presian dan Tarian Anak.

Yang kedua kata Henny adalah Pilar Kesehatan, yakni meningkatkan gizi dengan sasaran masyarakat kurang gizi yang disebut dengan Untaian Astra, selain itu mengefektifkan kembali remaja melalui Posyandu Remaja, di Kota Mataram sendiri baru terbentuk 3 Posyandu Remaja dan Posyandu Remaja yang ada di KBA Dasan Cermen ini sifatnya mandiri. Posyandu Remaja yang terbentuk 4 bulan lalu dikelola oleh forum anak-anak remaja setempat,melalui Posyandu Remaja inilah anak-anak remaja bisa memeriksakan kesehatannya terus menerus. Selain itu terdapat Posyandu Edelweis sebagai tempat pemeriksaan bagi ibu-ibu terutama bagi ibu-ibu hamil.

Yang ketiga adalah Pilar Lingkungan , kata Henny, saat ini sudah memiliki Bank Sampah akan tetapi sarananya memang masih kurang memadai.

 

Baca Juga :


“Disini kita dibantu buku tabungan untuk warga masyarakat, buku tabungan sudah dimiliki oleh warga itu kurang lebih 70 KK dan itu sudah di atas 5 juta, jadi sejak tahun 2016 kita muncul ada TPS (Tempat Pembuangan Sampah) ini dibantu oleh tim Astra, nanti kalau Bapak Ibu keliling melihat di sekitarnya ada papan plang, itu semua dari Astra, Jadi kami sangat bersyukur sekali karena di sini terus terang saja tahun 2012 itu, kami sebagai Kelurahan yang masih kumuh dan perlu untuk dilakukan penataan sanitasi dan seterusnya, itu yang kita perjuangkan”. Tutur Henny

Keempat adalah Pilar Ekonomi salah satunya adalah pembentukan Koperasi Ekonomi Pertanian yang diberi nama “Beriuk Maju” Dasan Cermen, ini merupakan kumpulan industry kreatif atau pangan local hasil dari masyarakat setempat.

“Kami sengaja memang membuat apa namanya kumpulan potensi pangan lokal kemudian kerajinan yang bisa disatukan dan itu semua hasil dari pada Kelurahan Dasan cermen. Kalau di tempat lain mungkin dia bisa mendatangkan produk luar taruh di sini, nah kami upayakan hasil pangan kita dulu di sini, tapi kalau memang ada wisatawan yang datang berkunjung dan wisatawan menginginkan kain tenun dan seterusnya kami pun siap untuk kerjasama dengan tempat yang lain”. Tutup Henny

Usai menerima pemaparan dari Ketua KBA Dasan Cermen, rombongan diajak meninjau lokasi-lokasi tempat berlangsungnya kegiatan 4 pilar program tersebut diantaranya TK Edelweis Dasan Cermen, Olah raga tradisional adu ketangkasan yakni Presean,Posyandu Remaja dan Poskesdes,Ternak Sapi dan pengolahan pupuk organic, ternak Itik dan Ayam serta ternak Ikan lele.

Melalui peninjauan lokasi inilah para peserta Lomba Foto Astra 2019 dan Anugerah Pewarta Astra 2019 yang terdiri dari wartawan cetak dan elektronik dan blogger akan menuangkan hasil wawancaranya dalam bentuk sebuah berita atau hasil pengambilan foto mereka yang nantinya di muat, baik itu di media cetak atau online.

Hadiahpun menanti bagi pemenang, diantaranya juara pertama akan mendapatkan 4 Astra Daihatsu Ayla M AT, juara kedua 4 Honda ADV 150 CBS,juara ketiga 4 Honda Beat, juara harapan 8 Dji Osmo Pocket Action Cam, Juara favorit 20 Fitbit Smartwatch,hadiah hiburan bulanan 12 Timbuk2 Backpack, hadiah lomba lokal 16 Voucher Belanja.

 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan