Berkumpulnya Para Ahli dan Pemikir Islam

“Kekhasan dan keragaman ke-Islam-an di Indonesia menjadikan Indonesia memiliki potensi besar menjadi pusat pengembangan Islam selain di Timur Tengah dan dalam wadah AICIS inilah berkumpulnya pemikir-pemikir dan para ahli dan pemikir Islam”. Ini dikemukakan Menteri Agama Republik Indonesia Dr. H. Suryadharma Ali pada acara pembukaan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XIII tahun 2013, di Hotel Santosa Senggigi. (18/11)

Indonesia dengan jumah penganut Islam terbesar di dunia, memiliki kekhasan sendiri, dimana wacana ke-Islam-an Indonesia sangat kental dengan nuansa kemanusiaan yang dirangkai dengan kemajemukan. Islam di Indonesia mencerminkan keramahtamahan, keadilan dan kenyamanan, serta perlindungan. “Islam di Indonesia juga sangat toleran, hal itu terbukti telah menjadi salah satu pilar utama dalam upaya membangun Negara Indonesia menjadi Negara yang bermartabat. Untuk itu, Menteri Agama meminta kepada Kampus Universitas Islam dan Institut Agama Islam Negeri di Indonesia, harus menjadi pelopor dalam kajian-kajian ke-Islam-an yang dihasilkan.

Sementara itu, Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi juga  menegaskan pentingnya kajian ke-Islaman terus dilakukan. Menurutnya, adalah hal wajib bagi setiap muslim dan muslimah untuk menuntut ilmu. “inilah yang kiranya menurut saya yang menjadi substansi utama perhelatan acara AICIS ini,” ucap Doktor Alumnus Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir ini.

“Ilmuwan Islam pernah jaya dimasa lalu dan hampir menguasai seluruh jazirah dunia, terbukti dengan kuatnya peradaban Islam masa itu. Islam sangat menghargai keberagaman dan perbedaan namun tidak  bertentangan dengan akidah sebagai dasar utama ke-Islaman seseorang. Hal inilah yang menyebabkan kehidupan umat islam di Indonesia, terbukti NTB juga berjalan dengan harmonis. “Ini merupakan satu potensi yang senantiasa kami iktiarkan untuk tetap terjaga,” imbuhnya TGB sebagai sapaan akrabnya. (Mawardi)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru