Groundbreking Rababangka Kompleks

Usai pelaksanaan Upaca Hut NTB Ke-55 di Dompu, terjadwal Groundbreking Rababangka Kompleks yang akan diresmikan Gubernur NTB, Dr TGH. M. Zainul Majdi di Kec. Manggalewa dan Kecamatan Woha Kab. Dompu tadi siang). Siang hari pukul 13.00 wita waktu setempat yang didampingi pejabat dari Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara dan Stakeholder terkait hadir dilokasi Rababangka. Dompu (17/12/2013).

Ir. H. Marsono selaku Kepala Balai Wilayah Sungai I NTB memberi penjelasan teknis kepada Gubernur,   "Pembangunan Bendungan Tanju dan Mila dilatarbelakangi sungai rababangka yang potensi airnya cukup besar sementara lahan irigasinya yang relatif kecil dengan klasifikasi A 1.689 Ha dengan kondisi existing sungai namun Inflow Rababangka mencapai 79 juta m3/thn, dipakai hanya sekitar 40 juta m3/thn sisanya terbuang kelaut" ucapnya.

Sementara untuk sungai Rabangka  terdapat sungai Tanju yang mempunyai potensi inflow relatif kecil dan tidak sebanding dengan luas lahan yang dapat dikembangkan. "Untuk itu sangat relevan dikembangkan sektor pertanian di Dompu ini" jelasnya.

Lebih lanjut beliu menjelaskan kemanfaatan yang akan diperoleh dari pembangunan ini, "Untuk Tanju akan mengairi sawah tadah hujan seluas 2.242 Ha dengan penyedian air baku 5.776 KK sedangkan Rababangka ditargetkan intensitas tanam existing seluas 1.689 Ha sedangkan biaya yang diperkirakan akan menelan dana 831 Milyar lebih, sementara dana yang telah dikeluarkan untuk pembebasan lahan terbilang 300 Milyar, sementara 9 Milyar digunakan untuk jasa konsultan" jelas Marsono

Untuk komponen pengembangan Rababangka Kompleks terdiri dari Pembangunan Bendungan Tanju, Sistem jaringan Irigasi Tanju seluas 2.242 Ha. Berlanjut ke Pemabngunan Bendungan Mila juga pembaangunan sistem suplai Interbasin dan Improvement jaringan irigasi di Rababangka dengan luas 1.689 Ha.

TGB sebutan Gubernur NTB, sangat antusias atas pelaksanaan proyek ini "Semoga semua ini akan memberikan banyak manfaat bagi Masyarakat Dompu sesuai harapan" pungkasnya. Akhirnyta Zainul Majdi bersama rekan dari Kementerian P.U ikut dalam kendaraan berat sebagai tanda dimulainya Groundbreking Rababangka Kompleks. (Humas NTB)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru