KM Munawar Tenggelam, 3 Orang Meninggal Dunia

 

Dunia Transportasi kita kembali berduka, pasalnya Jumat 3/1/2014 KMP Munawar tenggelam diselat Alas yang menghubungkan pulau Lombok dengan Pulau Sumbawa. KMP Munawar hendak berlayar dari pelabuhan Kayangan Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. KMP Munawar bertolak sekitar pukul 0


2.00 Wita, setelah menumpuh perjalanan 45 menit sejauh 15 mill kapal mengalami gangguan dan tenggelam.

 

Menurut penuturan korban yang selamat, saat kapal berlayar kondisi cuaca saat itu bagus ombak tidak terlalu besar, Sebelum kapal tenggelam kapal terlihat agak miring ke kanann tetapi tetap melaju. Melihat kondisi tersebut para ABK KMP. Munawar memperingatkan semua pemumpang untuk menggunakan pakaian pelampung yang sudah disiapkan.

 

Beberapa saat setelah peringatan tersebut, lampu penerangan kapal mati total mengakibatkan semua pemumpang panik, saat itu pula KMP. Munawar berlahan-lahan tenggelam, para pemumpangpun menyelamatkan diri dengan menggunakan pelampung yang mereka gunakan. Dari hasil kesimpulan sementara kapal mengalami kebocoran.

 

Melihat kejadian tersebut kapal lain yang sedang berlayar datang membantu untuk mengevakuasi pemumpang, KMP Nusa Wangi dan KMP Duta terlibat dalam usaha mengevakuasi pemumpang yang masih mengapung dipermukaan.

 

Menurut keterangan Putu Erawan, Kepala Stasiun Radio Navigasi Pantai Labuan Lombok Dari data manives, jumlah pemumpang sekitar 70 orang, ABK dan nakhoda 23 orang. Selain pemumpang KM Munawar juga membawa beberapa kendaraan antara lain, kendaraan kecil 6 unit, Truk Besar 4 Unit, Truk Sedang 1 unit, Truk Mini 1 unit serta 4 unit sepeda motor.

 


 

Pemumpang yang berhasil dievakuasi berjumlah 49 termasuk ABK, 3 orang diantaranya meninggal dunia, yaitu Rizka Febriani, 11 tahun, Muksin, 90 Tahun serta Muriansyah, semuanya berasal dari Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Tim SAR berserta relawan lainnya masih terus melakukan pencarian terhadap pemumpang yang masih hilang. Fais-KM.GPK

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru