Gunung Sangiang Berstatus Waspada

Kepala badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bima, Abdul Wahab SH mengatakan, bahwa saat sekarang status gunung berapi terbesar di Bima yakni Gunung Sangiang, berstatus wapada.

Mantan Kadis Sosial itu mengatakan  bahwa berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau Pos Pengamatan Gunung api Sangeang, melalui suratnya nomor : 002/01/BGV.SGA/2014 tertanggal 5 Pebruari  bahwa gunung sangiang berstatus waspada. “dengan demikian kami minta supaya warga sekitar gunung sangiang agar segera menghindar karena adanya rawan bencana dan lahar dingin,” ujar Wahab kemarin di Kota Bima.

Kata di lagi, jarak aman saat sekarang adalah berjarak 3 km dari puncak gunung Sangiang api. “Saya minta agar masyarakat tidak mendekat,” ujar Mantan Kadis Sosial itu.

Saat ini terangnya, di Pos Pengamatan gunung Api Sangiang di Desa Sangiang Kecamatan Wera telah terpasang pesawat M.E.Q.800 yang bersistim RTS dengan satu komponen tegak. “dari rekaman alat itu, telah terjadi gempa yang cukup banyak,” ungkapnya.

Selama bulan Januari 2014 Gempa telah terjadi sebanyak  1.174 kali dengan rincian, hembusan 366 kali dan gempa Vulkanik A dan Vulkanik B ada 575 kali. Serta gempa tektonil lokal sebanyak 129 kali dan gempa tektonik jauh sebanyak 104 kali. “Yaa masyarakat agar tetap waspada dan tidak mendekat ke gunung Sangiang,” harap Wahab. (ory) (01)

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru