Ada Kenangan Yang Tak Terlupakan

Panda, Jompa Mbojo.- Meninggalnya  Bripka Muhammad Yamin secara tragis, beberapa waktu lalu, menyebabkan  jajaran Polres Bima merasa kehilangan. Tidak terbatas pada rekan dan sesama anggota, terlebih lagi pada orang nomor satu di jajaran polres Bima Kabupaten. Pasalnya, korban banyak meninggalkan memori dan kenangan yang sulit dilupakan oleh Kapolres Bima AKBP Ekawana Prasta, SIK.

Apa saja moment dan kenangan yang kerap hadir dalam benak Kapolres Bima AKBP Ekawana Prasta, SIK,  pasca meninggalnya Bripka M. Yamin?

Ada banyak hal yang sulit dilupakan pasca meninggalnya Bripka M. Yamin, sikapnya yang sulit dilupakan dan selalu muncul ketika dirinya mengingat Bripka M.Yamin yakni, ketika ada sesuatu yang hendak disampaikan, sudah pasti, Dia selalu membisiki dirinya apabila ada informasi yang hendak disampaikan. Sikap seperti ini tidak pernah dilakukan oleh anggota lainnya dan itulah  yang membuat Dia berbeda dengan anggota yang lainnya. “Bisik-membisik inilah yang tidak bisa saya lupakan selama Dia meninggal dunia, bahkan setiap apel pagi pasti ada saja informasi yang disampaikan dengan cara berbisik kepada saya,”. Kenangnya.

Diakui Ekawana, M. Yamin merupakan salah satu anggota yang terdekat dengan dirinya, keunikan lain yang selalu diingat adalah, sebelum menjalankan setiap tugas di masa hidupnya, Yamin selalu berkoordinasi dengan dirinya, layaknya seorang atasan dengan anak buah. Namun, ada perbedaan antara Dia dan anggota lainnya. Pasalnya, setiap menjalankan tugas korban selalu memberikan kode khusus kepadanya. Kode tersebut sebagai tanda ada tugas yang harus diselesaikan. “Kode yang diberikan sebagai pertanda ada peristiwa atau kejadian yang harus dilaksanakan secepatnya, sebaliknya, saya pun mengintruksikan untuk melaporkan perkembangannya secepat mungkin,”. Kisahnya.

Saat disentil apa kode atau tanda yang kerap diberikan Bripka M. Yamin ? Ekawana menjawab, Sudah barang tentu, kode yang diberikan Yamin adalah kode atau tanda yang berkaitan dengan tugas aparat kepolisian. Namun dalam menjalankan tugasnya Dia selalu mengedepankan fungsi utama  seorang polisi yakni, Mengayomi, Melindungi dan Mengamankan. Itulah Bripka M. Yamin, Polisi yang selalu mengedepankan pengabdiannya terhadap negara. Sosoknya akan selalu dikenang di Mapolres ini. “Walaupun Dia sudah tidak bersama kami lagi, semoga jejak langkahnya saat menjalankan tugas, akan tetap diingat dan dikenang serta diikuti oleh anggota lainnya dalam menjalankan tugas mereka,”. Ujarnya.

Ia berharap, semoga, sikap, perbuatan, pengabdian dan amal bhaktinya dapat diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan dimaafkan atas segala kesalahannya, sehingga mendapatkan tempat yang layak di sisiNya. “  saya berharap seluruh anggota patut berbangga hati dan ikut mendo,akan atas kepulangan Bripka M. Yamin, semoga keberanian, keseriusan dan kesigapannya dapat menjadi contoh dan tauladan bagi  anggota-anggota lainya dalam menjalankan tugas kepolisian,”. Harapnya.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru