Ultah PMII IKIP Mataram

16 juli 2006 lalu tercacta sebagai hari lahirnya PMII di kampus IKIP Mataram, terpilihnya sahabat Zulkifli sebagai ketua komisariat pertama di Kampus IKIP Mataram tentu sebagai jejak sejarah terkibarnya bendera kuning di kampus tertua di NTB ini. 
Dalam setiap tahunnya PMII IKIP selalu merayakan hari lahirnya, dan terakhir kali adalah pada hari Rabo, 16 Juli 2014 kemarin. Sejauh ini umurnya sudah memasuki 9 tahun, dan PMII IKIP dipastikan telah mampu mencetak 6 orang mantan ketua komisariat, dinataranya, sahabat zulkipli (2006/2007), Jamiluddin (2007/2008), Slamet Riadi (2008/2009), Sabolah (2009/2010), Samsul Hadi (2010/2011), l. Sukron Makmun (2011/2012), Sularman Purbatin Jihadi (2012/2013), dan ketua komisariat yang terakhir sekaligus masih menjabat sekarang ini adalah sahabat Yas Arman (2013/2014).
Memasuki tahun ke-9 tentu waktu yang tidak terlalu panjang. Akan tetapi sejarah telah membuktikan bahwa PMII IKIP Mataram sejauh ini sudah mampu menunjukan taringnya sebagai orgnaisasi terbaik di kampus setempat. Hal ini tentu sejalan dengan beberap kader di dalamnya yang tercacat sudah dapat menguasi beberapa lembaga organisasi intra kampus. Artinya selain ia telah mampu mencetak beberapa orang mantan ketua komisariat, tak kalah pentingnya PMII IKIP dalam hal ini juga sudah mampu mencetak beberapa ketua BEM dan ketua DPM di kampus IKIP Mataram.
Pada tahun 2011/2012 ia mampu merebut posisi ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa, yakni dengan terpilihnya sahabat Sabolah sebagai ketua DPM institut pada saat itu. Selanjutnya pada tahun 2012/2013 beberapa kader PMII pun mampu menduduki struktur BEM dan DPM, diantaranya adalah terpilihnya sahabat Endri Susanto dan sahabat Burex Alghazaly menjadi Presiden dan wakil Presiden Mahasiswa IKIP Mataram. Pada tahun yang sama sahabati Rohani Inta Dewi juga mampu menduduki kursi Dewan Perwakilan Mahasiswa, (ketua DPM IKIP Mataram). Sehingga dengan demikian bisa dikatakan pada masa itu kader-kader PMII mampu menguasai Kampus IKIP Mataram. Belum lagi beberapa kadernya yang juga pernah menjadi ketua BEM di tingkat fakultas; salah satunya adalah sahabat Samsul Majid juga pernah menduduki kursi mahal bagi mahasiswa, manjadi ketua BEM FPMIPA IKIP Mataram 2012/2013.
Kembali ke pembahasan Harlah. Harlah sekaligus dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama kali ini telah menghadirkan keluarga besar pergerakan, dari jajaran alumni PMII sendiri sampai kepada seluruh unsur lembaga komisariat yang ada di kota mataram. Alumni yang hadir diantaranya sahabat M. Kuzwaeni (mantan presma IAIN Mataram 2007/2008, sekaligus mantan ketua bidang kaderisasi PC PMII Mataram 2008). Selain dihadiri alumni, harlah juga dihadiri oleh beberapa ketua komisariat PMII, diantaranya; ketua komisariat UNRAM, UMM, UNW.
Ruangan Aula perumahan Kodya asri yang sekaligus menjadi tempat perayaan harlah PMII IKIP kali ini terlihat padat. Kehadiran kader PMII dari berbagai kampus ini mampu menggugah semangat ketua komisariat IKIP dalam sambutannya, begitu pula dengan ketua cabang PMII Mataram sendiri.
Dalam sambutan ketua komisariat mengatakan bahwa “Umur PMII IKIP Mataram sejak lahir hingga hari ini bertambah dan memasuki tahun ke-9 haruslah sejalan dengan tingkat pertumbuhan dan pengembangan kader di dalamnya”. Harapan ketua komisariat dalam hal demikian juga sejalan dengan harapan ketua cabang PMII Mataram.
Sahabat-sahabat yang masih menjadi pengurus komisariat dan rayon tidak boleh melupakan sejarah, juga tidak boleh malas belajar di PMII, terutama kader-kader PMII tertuntut harus membangun komunikasi persahabatan antar kampus. Selain demikian, kader PMII juga harus komunikatif dengan seluruh alumni yang ada sehingga kedepan apa yang diharapan oleh kita semua “menjadikan PMII menjadi lebih baik” dapat terwujudkan, ungkap sahabat sabolah. [] -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru