Study Banding Pemprov DKI Kunjungi KM Narmada

; Setelah Kampung Media mendapat berbagai penghargaan dan terakhir menjadi Top9 Program Nasional bidang pelayanan publik dari Kementrian PANRB menjadikan Kampung Media sebagai program unggulan Pemrov NTB yang paling berhasil menurut Gebernur DR. TGH Zainul Majdi. Dan ini pula yang membuat Kampung Media semakin dilirik oleh Provinsi dan daerah lain untuk dijadikan contoh sebagai perbandingan penerapan program serupa yang akan diterapkan didaerah lain.

Hal ini yang mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan Study Banding Ke Kampung Media pada hari Rabu, 13 Agustus 2014, Setelah diterima oleh Kepala Kampung Media Fairuz Abu Macel dan mendapatkan banyak penjelasan tentang perjalanan Kampung Media dari awal terbentuknya akhir tahun 2008 sampai menjadi seperti sekarang ini.

Tim dari Pemrov DKI Jakarta yang brjumlah 30 orang pejabat dari berbagi dinas yang mendapat penjelasan dari Kepala Kampung yang didampingi oleh beberapa orang warga kampung seperti Marwan Hakim dari KM Riyadul Falah Aik Prapa Lombok Timur, yang pernah tampil di acara , tampak juga Habiburrahman dari KM Kaula Lombok Tengah yang populer dengan Desa Wisata Mas-Mas.

Salah seorang dari Tim Pemrov DKI Jakarta yang lupa kami tanyakan namanya berseloroh, “kalau di Jakarta internet itu sudah menjadi mainan anak-anak yang artinya internet itu sudah sangat familiar dikalangan masyarakat DKI, namun belum dimanage seperti yang dilakukan Kampung Media, memang didaerah kami lanjutnya sudah ada program serupa Kampung Media yang dinamakan RT/RW Net dan keberadaannya lebih dulu ada daripada kampung Media akan tetapi belum berhasil, lagi-lagi dengan kendala pengelolaan dan management kurang bagus.” tegasnya.

Semangat antusias terlihat diraut wajah para birokrat bawahan Jokowi Ahok seakan tidak sabar ingin membuktikan secara langsung keberadaan Komunitas Kampung Media dilapangan, apakah benar sesuai seperti penjelasan yang dijabarkan rinci oleh Fairuz Abu Macel dan kawan-kawan. Dan pada siang harinya Tim diajak mengunjungi salah satu Komunitas Kampung Media yang ada di Lombok Barat yaitu KM Narmada.

Bertempat di Sekretariat KM Narmada didusun Merce yang juga menjadi lokasi pengelolaan PLIK SP KM Narmada puluhan anggota Komunitas KM Narmada menyambut tamu dari jakarta yang datang menggunakan Bus Pariwisata, setelah sekitar 1 jam melihat-lihat kondisi KM Narmada sambil mendapatkan penjelasan dari Komunitas KM Narmada yang dikomandoi oleh Abdul Satar terlihat senyum kepuasan karena apa yang mereka dengarkan dari pemaparan sebelumnya ternyata benar adanya ditemukan dilapangan.

Antara lain adalah semangat dan konsinten untuk menulis anggota Komunitas yang tergabung dalam Kampung Media untuk terus menginformasikan segala sesuatu tentang keberadaan kampung dan disampaikan kepada dunia melalui Portal Kampung Media, seperti informasi mengenai potensi dan sumber daya alam yang bisa dikembangkan dikampung tersebut sampai informasi pengaduan kampung terhadap ketidak puasan masyarakat akan kebijakan serta pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat.

Selain itu juga Kampung Media aktif berperan dalam menumbuhkan usaha kecil menengah dan pengembangan ekonomi kreatif, terbukti  saat ini Kampung Media Narmada memiliki Divisi UKM dan Pengembangan Ekonomi Kreatif dan mengelola usaha warnet PLIK SP dan jasa Loundry yang mulai dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar dan bisa menjadi sumber dana untuk operasional Komunitas sehingga kedepan Komunitas Kampung Media menjadi Komunitas yang mandiri. Tidak hanya itu saja, namun keberadaan Komunitas Kampung Media sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena kegiatan motivasi yang terus dilakukan oleh semua anggota Komunitas kampung Media.

Pertanyaan terakhir  kami dapatkan dari salah seorang anggota Tim Pemprov DKI yang mengaku dari Dinas Perdagangan “apakah masyarakat bisa menggunakan Kampung Media sebagai sarana untuk menpromosikan apa yang mereka hasilkan?” dengan tegas kami menjawab sangat bisa dan itu sering dilakukan oleh Kampung Media, seperti promosi usaha yang dilakukan oleh warga kampung sebutan dari anggota Kampung Media maupun promosi hasil pertanian, perikanan dan lainnya. Bahkan untuk tahun 2015 diportal Kampung Media akan membuka Pasar Kampung yang akan menjadi sarana jual beli warga kampung didunia maya.

Dan akhirnya proses Studi Banding Tim Pemprov DKI Jakarta diakhiri dengan foto bersama serta ramah tamah, dan terlihat senyum puas dari mereka, mungkin karena sudah menemukan formulasi yang tepat untuk mereka bawa pulang serta akan diterapkan didaerah mereka. [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru