Saat Masyarakat Melepas Calon Haji

Keberangatan haji tahun ini untuk provinsi Nusa Tenggara Barat dimulai sejak tanggal 3 September 2014. Secara bergantian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan calon jamaah haji mengadakan masuk ke asrama haji yang berada di jalan lingkar selatan kota Mataram. Calon jaajh haji sebelumnya harus berkumpul di kabupaten/kota masing-masing dan secara bersamaan dengan menggunakan bus menuju ke asrama. Demikian juga dengan calon jamaah haji untuk kota Mataram.

Pelepasan keberangkatan haji yang rutin dilakukan oleh masyarakat baik di kota Mataram maupun ditempat lainnya adalah salam-salaman ke calon jamaah haji. Dimulai pada malam terakhir sebelum keberangkatan masyarakat secara berduyun-duyun mendatangi rumah calon jamaah haji untuk meminta maaf dan mendoakan calon haji.

Seperti yang terjadi di kelurahan Pagutan Mataram minggu(7/9) calon haji dan masyarakat berkumpul di serambi masjid pusaka Al-Hamidy Pagutan dalam rangka bersama-sama melepas keberangkatan calon jamaah haji. Seperti yang dikatakan Ustadz Habibul Badawi selaku Penghulu masjid tersebut. Mengajak masyarakat untuk melepas perjalanan dengan doa untuk diberikan kesehatan dan keselamatan selama perjalanan dan dan dimudahkan melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji.

Setelah membaca doa oleh salah satu tokoh agama yang ada . Masyarakat secara secara bergilir memberi salam kepada calon jamaah. Walaupun ini mungkin salaman yang kesekian kali seperti dikatakan Fuzul, salah satu warga yang datang kemasjid. Disamping memberikan doa keberadaan kita (masyarakat) akan meberikan spirit yang luar biasa bagi calon jamaah haji, lanjutnya. () -01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru