Catatan Sejarah Promosi Wisata NTB

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD)-NTB, akan  mencatat sejarah baru, dalam memacu kunjungan wisatawan ke Lombok-Sumbawa. Sejarah baru karena NTB menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang berhasil melakukan promosi melalui video maskapai Garuda Indonesia.

Kepastian mengenai in-flight promotion di Garuda Indonesia Airlines ini setelah Secretary to Vice President In-Flight Services, Rossana Manurung, bersurat secara resmi ke BPPD NTB tertanggal 30 Oktober 2014.  Surat Gaaruda Indonesia Airlines nomer  GARUDA/JKTCIGA/20034/14 ini kemudian akan ditindaklanjuti melalui penayangan perdana tanggal 19 Nopember mendatang.

"NTB akan mencatat sejarah baru di bidang promosi. In flight promotion pada video Garuda Indonesia ini adalah yang pertama kita lakukan. Dan menjadi kehormatan bagi NTB karena menjadi satu-satunya provinsi yang meng-inject video promosi di maskapai kebanggaan Indonesia ini," tegas Ketua BPPD NTB, Taufan Rahmadi.

Jika tidak ada halangan, lanjut Taufan, 19 Nopember nanti, kita akan lakukan launching penayangan perdana video promosi di Garuda Indonesia. Kami harap Gubernur NTB, TGH M. Zainul Majdi, bisa melakukan ini bersama-sama Menteri Pariwisata, Arief Yahya. "Kami harap ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat NTB, dan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik bisa menunjukkan grafik peningkatan signifikan ke Lombok Sumbawa," lanjut Taufan.

Setelah menunggu cukup lama, impian masyarakat NTB bisa berpromosi melalui maskapai milik negara ini akhirnya menjadi kenyataan. Selebihnya, NTB menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mendapat kehormatan dari Garuda Indonesia menggunakan fasilitas teknologi terbaru Garuda Indonesia. "Kami harapkan semua akan berjalan lancar, dan harapan NTB mencapai kunjungan wisatawan tertinggi bisa terealisasi," imbuhnya.

Promosi melalui tayangan video maskapai penerbangan ini dapat mewujudkan cita-cita TGB (sapaan akrag Gubernur NTB, M. Zainul Majdi) menjadi NTB sebagai salah satu tujuan wisata syari'ah di Indonesia. Selain memanfaatkan teknologi canggih maskapai penerbangan ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTB bersama BPPD NTB, juga tetap menggunakan metode lama untuk berpromosi. "Promosi melalui pameran, promosi konvensional, penyebaran brosur, compact disk (CD) dan sarana promosi lain tetap kita lakukan sebagai pendukung promosi di maskapai itu," tambah Kadisbudpar NTB, M. Nasir.

Secara teknis, penayangan video promosi pariwisata NTB di Garuda Indonesia, menurut Pelaksana harian VP Inflight Service Garuda Indonesia, Jaya Avianto, akan keluar atau tayaang 15 menit sebelum maskapai kebanggaan rakyat Indonesia ini mendarat (landing) di bandara tujuan. Penayangannya akan dilakukan secara serentak di semua seat  (ekonomi dan bisnis) pesawat yang sudah dilengkapi layar monitor. [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru