Meriahnya Jambore Kampung Media 2014

"Salam Kampung Media! BACA, FIKIR, KERJA!!" Berkali-kali Jargon Salam itu menggema memekik di ruangan penuh sesak Ballroom Hotel Lombok Raya (Sabtu, 19/11) malam kemarin.

Malam itu adalah malam Jambore Kampung Media, sebuah perhelatan tahunan yang dipersembahkan Komunitas Kampung Media NTB untuk memberikan anugerah kepada Komunitas Kampung Media yang berprestasi. 

Jambore dihadiri tak kurang dari 70 orang dari 60 komunitas Kampung Media terbaik se-NTB yang tersebar dari Sape Bima sampai Ampenan Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Selain warga, Jambore juga dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, H. Moh. Amin, SH, M. Si serta kepala dinas Dishubkominfo Se-NTB.

Dalam Sambutannya, Wagub Amin menyampaikan, Kampung Media adalah salah satu program Unggulan Pemerintah propinsi NTB yang patut diaungi jempol. Bahkan, Amin mengatakan, Kampung Media telah menjadi ikon NTB di pentas nasional bahkan saat ini menjadikan NTB sebagai salah satu propinsi yang di gadang-gadang menjadi juara Pelayanan Publik terbaik dunia. 

"Kita sambut dengan syukur, serta kita berupaya terus memperbaikinya, insya allah kita akan semakin kuat dan berhasil" Tandasnya.

Menurut Amin, Kampung Media yang dalam misinya mengkampayekan budaya bertutur menjadi budaya menulis serta mendorong ekonomi kreatif, sebagian besar telah dicapai dan harus terus dipertahankan. 

"Kampung media ini virus, virus untuk kebaikan" Ujarnya di sambut tepuk tangan hadirin.

Anugerah Warga Kampung

Dalam acara Jambore ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, kampung media memberika penghargaan kepada komunitas, lembaga pemerintah dan person-person warga di komunitas ini. 

Sedikitnya 26 diserahi Trophy dan uang pembinaan karena berhasil memenangkan berbagai nominasi antara lain, penulis terbanyak bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur dan kisah inspiratif, penulis opini terbaik, penulis pengaduan kampung terbanyak, penghargaan komunitas yang paling banyak angotanya dan para penulis paling inspiratif. 

Selain itu, juga diberikan anugerah langsung kepada empat sosok inspirator kampung beserta penulisnya yang pernah dimuat sebagai headline di website Kampung Media salah satunya, Masykur seorang guru tari yang berjuang melestarikan tari dengan mengajar tari keliling di Kampung Sukamulia Lombok Timur. 

Selain memberikan penghargaan kepada warganya, Kampung Media juga memberikan anugerah "SKPD Responsif" kepada Dinas Koperasi dan UKM NTB karena selama ini dinilai paling aktif memanfaatkan website Kampung Media sebagai sarana sosialisasi kegiatan-kegiatannya dan paling aktif merespons pengaduan dan saran yang di berikan warga Kampung Media tentang koperasi di NTB

Diakhir Jambore, Kampung Media NTB juga membagikan buku kumpulan tulisan warga selama kurun waktu 2 tahun terakhir berjudul "Tokoh Tokoh Inspiratif Dari Kampung". (Jhellie) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru