PK GSC Terima Penyaluran Dana Pokja

KM. Portal Himpas, - Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Generasi Sehat Cerdas (GSC) Kecamatan Monta menyalurkan dana Kelompok Kerja (Pokja) kepada pelaksana kegiatan (PK) GSC, Rabu (10/12). Penyaluran yang dilakukan di kantor UPK Kecamatan Monta ini diterima oleh 13 PK dari 14 desa di Kecamatan Monta.

Arif Rahman, Fasilitator Kecamatan (FK) GSC mengatakan, Dari 14 desa di Kecamatan Monta, yang menerima penyaluran hanya 13 desa, karena masih ada satu desa yang masih memiliki sisa anggaran  Tahun 2013 yaitu Desa simpasai. Sementara penyaluran dapat dilakukan apabila masing-masing PK telah memenuhi syarat administrasi seperti laporan pertanggungjawaban dan pengajuan anggaran kegiatan serta data penerima manfaat dari wilayah kerja masing-masing.

Rata-rata kegiatan yang diajukan oleh PK Kecamatan Monta hampir sama yaitu, pengajuan anggaran untuk kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) posyandu dan PMT Ibu hamil kekurangan energi kronis atau Ibu hamil (KEK). "Besarnya  jumlah penyaluran  bisa saja berbeda karena tergantung dari banyaknya program kegiatan yang diajukan oleh masing-masing Pokja," katanya.

Dia juga menjelaskan, pendanaan GSC dilakukan dengan dua cara yaitu pendanaan Multi dan Non Multi. Dana Multi adalah dana yang digunakan maksimal selama dua tahun, jika tidak habis maka akan dikembalikan ke kas Negara, sedangkan  dana Non Multi adalah dana yang akan  dihabiskan pada tahun anggaran berjalan. "Sementara jumlah  dana yang akan disalurkan untuk bulan ini sekitar Rp120 juta dan belum termasuk satu desa yang masih memiliki sisa anggaran," jelasnya.

Di tempat yang sama, Drs Taslim Ketua UPK Kecamatan Monta mengatakan, penyaluran dana untuk Pokja PNPM-GSC rutin dilakukan tiap bulan dan pencairan dapat dilakukan apabila masing-masing PK telah melengkapi syarat administrasi. "Secara umum pendanaan ini diperuntukan bagi kegiatan PNM GSC yang meliputi bidang Kesehatan, bidang Pendidikan dan bidang Dukungan Layanan," ungkapnya. [Son] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru