Menkop: Koperasi Jangan Gagal Salurkan Pupuk

Menteri koperasi dan UKM RI A.A Gede Ngurah Puspayoga bersama rombongan tadi pagi tiba di NTB sekitar pukul 09:00 wita (23/12). Mengawali kunjungannya ke NTB Puspayoga langsung ke Rumah Promosi Produk Unggulan KUKM KUD Setia Jaya yang berlokasi di Beleke Kabupaten Lombok Barat, setelah itu langsung menuju PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) yang berada di jalan pendidikan mataram sebelah timur gedung Balatkop NTB, dimana Puspayoga menandatangani prasasti persemian PLUT dan Rumah Promosi yang di dampingi Gubernur NTB TGH. M.Zainul Majdi, Deputi jaringan usaha dan Kadiskop UMKM NTB H.Supran.

Saat di wawancarai usai peresmian, Puspayoga mengatakan peran koperasi yang selama ini belum berpihak regulasi akan di bangkitkan lagi dengan jalan meningkatkan peran sebagai distributor pupuk dan pengecer pupuk bersubsidi, inipun sudah ada kesepahaman antara Menteri Perdagangan, pabrik pupuk PT.Kaltim dan Menteri Pertanian.

“ Pemahaman bagaimana untuk memberikan KUD itu peran yang lebih besar untuk penyaluran pupuk bersubsidi ini. Saat ini sedang di lakukan rapat rutin bagaimana secara tehnis , siapa sebagai penyalur atau distributor berdasarkan masukan dari masing-masing Dinas Koperasi UMKM Provinsi di Indonesia”. Kata Puspayoga.

Rencananya penyaluran pupuk bersubsidi ini akan di mulai pada tahun 2015 dan secara tegas di katakan Puspayoga , bahwa koperasi tidak boleh ada yang gagal.

“Saya bilang, koperasi yang siap boleh sebagai penyalur, kalau yang belum siap jangan dulu diberikan”. Tegas Puspayoga

Ditambahkannya, Startingnya harus jalan karna masih banyak koperasi yang mampu sedangkan yang belum mampu tetap akan dilakukan pembinaan.

Usai acara peresmian, Puspayoga mengadakan sosialisasi MoU antara Kementerian Koperasi dan UKM RI dengan Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia wilayah NTB di PLUT KUMKM NTB, setelah itu, menteri koperasi beserta rombongan melanjutkan peninjauan ke koperasi angkutan penyebrangan Pariwisata Karya Bahari di Pemenang Kabupaten Lombok Utara. (Abdi)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru