Pemilihan Ketua RT.04 Kelurahan Brang Bara


Sumbawa Besar 1, April 2015.

Pemilihan Ketua RT.04 Kel.Brang Bara Bertempat di D&K Coffee & Musik Studio yang terletak di Kampung Pantodaeng di Jl.Hijrah No.1 Sumbawa Besar berlangsung pemilihan Ketua RT.04 RW.07 Kelurahan Brang Bara.

Ketua RT 04 yang lama Adhi Jatmoko,M.Rh yang telah menjadi sebagai Ketua RT.04 selama 17 tahun, waktu yang cukup lama dalam mengabdikan diri ditengah tengah masyarakat.

Dasar pelaksananaan Pemilihan Ketua RT.04 RW.07 antara lain :

1. Berdasarkan surat Keputusan Kepala Kelurahan Brang bra No.17 tahun 2012 tentang penunjukan dan pengangkatan pengurus RT dan RW lingkup Kelurahan Brang Bara masa tugas : 2012-2014

2. Surat Ketua RW Kelurahan Brang Bara no. 03/RW.07/III/2015 perihal Pemilihan /Pengangkatan kembali pengurus RT

3. Surat Ketua RT.04 RW.07 tanggal, 29 Maret 2015 nomor : 01/III/RT-04/2015 perihal Pemilihan Ketua RT 04/07 Panto Daeng Kelurahan Brang Bara .

4. Bahwa Pengurus RW dan RT se Kelurahan Brang Bara masa tugas telah berakhir,untuk itu segera mengadakan pemilihan pengurus baru.

Perda Kab.Sumbawa No.2 tahun 2003 tanggal, 11 September 2003, bab IV pasal 12 ayat 1 bahwa dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan di Desa/Kelurahan dapat dibentuk rukun tetangga(RT) dan rukun warga (RW). 

Pada pasal 14 RT mempunyai tugas antara lain :

a. Membantu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah

b. Memelihara kerukunan hidup warga

c. Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.

Pasal 20 yang dapat dipilih sebagai pengurus RT adalah :

1. Terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di RT yang bersangkutan

2. Dapat membaca dan menulis huruf latin

3. Bersikap jujur,adil dan berwibawa

4. Mempunyai jiwa sosial

5. Sehat jasmani dan rohani.

Ketua RT 04 RW.07 Panto daeng Adhi Jatmoko  adalah sosok panutan yang berwibawa dan adil dan jujur, dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik menurut pengamatan saya selaku warga yang paling lama tinggal di wilayah RT.04, serta mendapat dukungan dari warganya dalam segala hal, menjadi ketua RT.04 selama 17 tahun itu sangat luar biasa pengabdiannya dimana disamping sebagai PNS di Pemda Sumbawa juga masih sempat mengurus warga.

Dalam sambutan beliau tadi malam menyampaikan bahwa dirinya sudah tidak ingin menjabat lagi sebagai ketua RT agar supaya ada re generasi / peremajaan, namun warga RT.04 seluruhnya masih menginginkan beliau menjadi ketua RT.04, karena selama beliau memimpin RT .04 tidak pernah terjadi gejolak jadi aman aman saja karena kegiatan kemasyarakatan berjalan dengan baik.


Dalam lobi lobi dan pendekatan para warga agar beliau bersedia lagi untuk mengadikan diri menjadi ketua RT dan secara kebetulan baru saja purna bakti menjadi PNS jadi warga masyarakat lebih yakin lagi beliau bersedia dicalonkan menjadi ketua RT lagi, sementara pada saat beliau menjadi PNS bisa memimpin warga apalagi beliau sekarang sudah pensiun akan lebih aktif dan efektif. Malam itu tidak banyak yang diperbuat panitia dalam pemilihan ketua RT tidak melalui pemilihan dan menunjuk calon calon ketua RT untuk dilaksanakan pemilihan , akhirnya diputuskan dilaksanakan musyararah dan mufakat karena yang hadir juga sudah korum dan semua warga menginginkan calon tunggal maka Ketua lama diangkat kembali menjadi ketua RT.04. masa bakti : 2015-2020 .

Pasal 21 masa bakti pengurus RT 5(lima) tahun dan selanjutnya dapat dipilih kembali  sesuai pasal pasal 20 huruf e (sehat jasmani dan rohani).

Pada sambutan Ketua RT .04 terpilih :

1. Dalam melaksanakan tugas tentunya kami tidak dapat bekerja sendiri dan harus mendapat dukungan dari warga masyarakat dalam kegiatan apapun dan hendaknya memohon kepada warga untuk keikhlasan dalam mendukung sepenuhnya kegiatan RT

2. Tanpa dukungan warga masyarakat program program kegiatan tidak akan berjalan dengan baik

3. Mengajak seluruh warga masyarakat berusaha bersemangat, bekerjasama, bergotong royong, saling harga menghargai sesame warga.

Dalam waktu 7 hari ini setelah pemilihan Ketua RT ini akan menyusun kepengurusan RT sesuai pasal 18 ayat 1 yang terdiri dari :

a. Ketua

b. Seketaris

c. Bendahara

d. Beberapa orang pembantu, sesuai kebutuhan .

Acara penutup pembacaan doa oleh Imam Masjid An-Nur RT.04 RW.07 Panto Daeng Kelurahan Barang Bara Kecamatan Sumbawa Drh. H.Zainal Muttaqin

..joko pitoyo.. [] - 01

 

 

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru