Dua SKPD Mangkir Dipanggil Dewan

KM Nggusuwaru - Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan Kabupaten Bima nampaknya tidak menghargai lembaga legislatif. Terbukti, setelah dua kali dipanggil Komisi II DPRD setempat, dua SKPD tersebut terus saja mangkir.

Padahal pemanggilan itu, untuk melaksanakan rapat kerja antara Komisi DPRD dan SKPD pendamping. Untuk mengevaluasi anggaran triwulan pertama tahun 2015.  “Ini rapat penting, untuk mengetahui kinerja eksekutif selama tahap pertama pencairan anggaran 2015,” terang Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Aminurllah SE.

Aminurllah mengaku, kedua dinas itu tidak memberikan alasan yang jelas atas ketidakhadiran mereka itu. Baik pada pemanggilan pertama maupun pada pemanggilan kedua, Senin (8/6) lalu.  “Dua kali kami tunggu dengan, dua SKPD itu tidak juga datang,” cetusnya.

Menurut dia, kehadiran mereka diperlukan untuk mengetahui sejauh mana penyerapan anggaran di dua SKPD itu. Melalui pelaksanaan program fisik maupun non fisik yang digenjot melalui dinas-dinas tersebut.

Termasuk lanjut dia, untuk mengetahui sumber anggaran, pendapatan dan belanja langsung maupun belanja tidak langsung. Selanjutnya, anggaran itu dialokasikan ke mana dan untuk program apa. “Semua itu harus jelas dan terarah,” ujarnya.

Namun sayang katanya, data-data tersebut belum diketahui. Setelah dua kali dipanggil, kedua dinas tersebut tidak hadir. Terkait hal itu dia meminta, Sekda Kabupaten Bima untuk segera memberikan pembinaan terhadap dua instansi itu. “Paling tidak mendesak, kedua Instansi itu untuk menghadiri undangan dewan,” pungkasnya. (AL)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru