Shalat Istisqo, Gelar Tikar di Hutan

Shalat Istisqo, YA... Dengan kondisi kemarau yang dirasakan tahun ini, semua masyarakat yang daerahnya belum didatangi hujan, mereka merasakan gerah dan kekeringan yang tidak seperti biasanya, beberapa titik mata air dan sumur mengering.

Menanggapi keadaan yang demikian, khususnya masyarakat Dompu melakukan shalat istisqo atau shalat minta hujan. Desa Dorebara tidak ketinggalan, dengan dibimbing langsung oleh Kadus selaku penanggung jawab masyarakat Dusun Dorebara Selatan melakukan shalat istisqo tepatnya disumber mata air Mada Jampi Desa Dorebara.

Senin 02/september/2015 dihadiri oleh Kades Dorebara Mahmud Subuh, kepsek SDN No 11 Dompu H. Suadin M Ilyas, tokoh Agama Desa yakni H.M.Nur H.Ishaka, H.A Bakar H M Nur serta H Umar H.Usman dan masyarakat Dusun DorebaraSelatan.

Sholat Istisqo yang diadakan secara mendadak atas inisiatif kadus Dorebara Selatan, tidak semeriah shalat Istisqo yang diharapkan, lebih dari 5 tahun terakhir Shalat istisqo dusun Dorebara selatan tidak dilakukan, untuk mengulas kembali tradisi lama, maka A.Wahab Selaku kadus berkeinginan menindahkan kembali tradisi islami yang sering dilakukan.

“Mungkin kita akan mengulangnya kembali dari Nol untuk mencapai 100, setahun menjabat Kadus ingin membawa masyarakat Dusun Dorebara Khusunya mengulang kisah religius dipelosok antar dusun dan pedesaan” ujar A.Wahab

Usai jamaah shalat, H.Suaidin pun menghimbau jamaah yang hadiri hajatan agar selayaknya shalat Istisqo dilakukan kembali meski pada tempat yang sama, namun undangan jamaah warga sedesa Dorebara, dan meyediakan alas serta keperluan lainnya guna klencaran dan diijabahnya do’a saat shalat Istisqo.

Himbauan H. Suaidin dibenarkan serta disetujui oleh kades Dorebara, dan menegaskan kepada semua kadus serta masyarakat yang hadir untuk mengajak warga lain, “mungkin dengan sebagian kecil warga yang hadir, maka mari kita mengulangnya kembali dengan rencana dan proes yang ditentukan, guna kelancaran dan tercapainya keinginan kita bersama” jelas Kades.

Semua warga yang hadir menyetujui, dan menyepakati sampai dilakukannya perencanaan tahap dua diadakan pada hari Minggu depan, serta pembagian tugas dan fungsi masing-masing. Atas inisiatif Kadus Dorebara selatan, warga yang sempat hadir mengacungi jempol walaupun acara yang digelar belum memenuhi kesempurnaan dalam shalat Istisqo. Az red. [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru