KPU Dompu Kembali Gelar Debat Kandidat Tahap 2

KM, Woja/Saneo - Setelah melaksanakan debat kandidat tahap pertama antara pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Dompu periode 2015-2020 pada tanggal 25 bulan lalu, kini pada Senin (09/11/2015) siang kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu kembali menggelar Debat kandidat paslon Bupati Dompu dan Wakil Bupati Dompu tahap kedua. Debat kandidat yang digelar menjelang pemilihan yang tinggal satu bulan ini dengan mengambil tiga point pokok tema yaitu, Menyelessaikan Permasalahan Daerah, Menyerasikan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Dompu, dan Provinsi dengan Nasional, dan Memperekokoh Nilai Persatuan Republik Indonesia dan Kebangsaan. Sama seperti Bulan lalu, Debat Kandidat Paslon tahap kedua ini juga digelar pada Paruga Samakai Dompu.

Dalam sambutannya, Ketua Komisioner KPU Dompu Rusdianto ST mengatakan, terlaksananya debat kandidat tahap kedua ini berdasarkan Keputusan KPU Dompu tahun 2015 tentang Mekanisme Penyelenggaraan Debat Publik untuk diberian kesempatan kepada Paslon untuk menyampaikan visi dan misinya di muka umum. “Debat kandidat yang dilaksanakan menjelang satu bulan pemilihan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan KPU Dompu Thun 2015, agar semua pasangan calon dapat menyampaikan secara langsung visi dan misinya di depan umum, juga untuk menunjukan  keseriusan dari pada paslon dalam mengikuti Pilkada serentak,” ungkap Rusadianto.

Pada Debat kali ini lanjut Rusdi, Pihaknya dari KPU mengusung tema unguk dibahas dalam debat kandidat tahap dua yaitu,  menyelesaikasn permasalahan Daerah, menyerasikan pembangunan Daerah Kabupaten Dompu dan provinsi dengan Nasional, serta memperkokoh nilai NKRI kebangsaan. Dalam sambutannya, Rusdi juga mengatakan, dengan kembali diadakannya kegiatan debat kandidat tahap kedua ini, masyarakat diharapakan bisa memberikan hak suaranya pada tanggal 9 desember mendatang sesuai dengan hati nurani dan kesadarannya.  “Saya mengharapkan dengan acara ini,  masyarakat Dompu dapat memilih dengan hati nuraininya, saya juga mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan lacar dan sukses,” ungkap Rusdi diakhir sambutannya.

Sama seperti debat kandidat tahap satu, KPU Dompu melakukan kerja sama dengan stasiun TV swasta Bima TV dan Radio Republik Indonesia Kota Mataram, hal tersebut dilakukan untuk mempermudah akses masyarakat dalam menyaksikan dan mengikuti proses berjalannya debat kandidat tahap kedua yang disiarkan secara langsung oleh Bima TV dan RRI Mataram. Debat kandidat kali ini dipimpin oleh moderator handal dari Kota Mataram Nasrudin S.Pdi. S.Sos. moderator yang memimpin debat ini merupakan wartawan senior Provinsi NTB dan juga sebagai Sekertaris PWI Provinsi NTB yang saat ini juga bekerja pada RRI Mataram sebagai Bidang Pengembangan.

Pantauan media ini, pelaksanaan debat kandidat cukup berjalan dengan lancar, meskipun diwarnai dengn insiden kecil yang tidak berpengaruh atas pelaksaan debat kandidat. Pantauan media ini juga, dalam ruangan debat, perilaku simpatisan dan pendukungan paslon dengan menyanyikan yel-yel sempat membuat sitasui debat gaduh, namun hl tersebut tidak berlangsung lama. (Faruk) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru