Abu Vulkanik Barujari Sampai ke Dompu

KM, Woja/Saneo - Letusan anak Gunung Rinjani yaitu Gunung Barujari di Kabupaten Lombok Timur NTB yang terjaid belum lama ini, menyebabkan terjadinya hujan debu yang menyelimuti sebagian wilayah Jawa, Bali dan Kalimantan. Hujan Abu vulkanik tersebut cukup mengganggu beberapa aktivitas masyarakat, terutama aktivitas penerbangan. Hujan debu vulkanik tidak saja menimpa daerah diatas, Kabupaten Dompu pun tak luput dari terpaan abu vulkanik. Buktinya dibeberapa mobil, abu vulkanik sudah menempel di badan dan di kaca mobil.

Menurut Adhar Salah seorang pengguna jalan di Kabupaten Dompu yang ditemui media ini pada Selasa lalu, Sejak Senin malam mobilnya sudah menempel abu vulkanik Barujari, diyakininya karena aktivitas debu vulkanik Barujari pasalnya jarak antara Barujari dengan Dompu cukup dekat yakni hanya 214 kilometer dan aktivitasnya mengalami peningkatan, dan informasi itu disiarkan di televisi. Tidak hanya Adhar, Amirudin salah seorang warga yang menggunakan sepeda motor terpaksa menggunakan masker karena sebelumnya pernah menghirup abu vulkanik Barujari. Dirinya kesal harus menggunakan masker karena gangguan debu vulkanik Barujari.

“Terpaksa saya gunakan masker, karena saya takut menghirup abu vulkanik baru jari, karena sebelumnya pernah menghirup”. Selain iu, kepala saya jadi sasaran abu vulkanik, katanya. Sementara itu, pantauan media ini, pada Rabu siang Hingga sore Hari, tidak lagi terlihat Abu Vulkanik Gunung Barujari yang menerpa Kabupaten Dompu, diketahui keadaan ini berupakan karena berubahnya tiupan arah angin yang menuju kea rah barat. (Faruk) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru