Aktivitas Baru Jari Mereda

KM. Sukamulia – Sejak Kamis sore (12/11/2015) eruvsi Gunung Baru Jari mulai menurun. Hari ini aktivitas gunung kecil yang sebelumnya tersiar menggemparkan nusantara telah mereda. Hal ini sesuai dengan hasil pantauan BMKG Kecamatan Sembalun, siang tadi.

Dari hasil pengamatan tim BMKG Kecamatan Sembalun, aktivitas vulkanis Gunung Baru Jari mulai mereda. Informasi yang senada juga kami terima dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang saat ini masih standbay di Kokok Putik, dimana pada hari ini eruvsi Baru Jari tidak sudah menurun.

Memang, tidak seperti hari-hari sebelumnya, pada hari ini kepulan asap di sekitar Baru Jari terlihat berkurang dan jikapun ada, itu dalah hal yang normal sebab Baru Jari adalah gunung aktiv. Khususnya Kokok Putik yang diperkirakan akan terkena luapan lahar dingin, sampai hari ini keadaannya biasa-biasa saja yang artinya memang ada peningkatan debit air dan perubahan warna air namun itu tidaklah berlebihan. Masyarakat sekitar juga tenang-tenang saja, demikian juga dengan masyarakat Kecamatan Sembalun dan Kecamatan Bayan dan sekitarnya sebab kenyataannya, wilayah tersebut tidak pernah terkena oleh siraman debu, gas beracun, ataupun luapan lahar dingin.

Terkait dengan masalah Kokok Putik, sejak tadi pagi keadaan airnya normal-normal saja, bahkan airnya yang semula kelihatan sangat keruh dan mengental, kini sudah mulai agak jernih sebab kandungan abu vulkanis yang mengalir sejak dua hari lalu sudah mengendap. Hal ini membuktikan bahwa aktivitas Gunung Baru Jari betul-betul sudah mereda. Jika aktivitas Baru Jari meningkat otomatis air Sagara Anak juga meluap akibat limpahan material yang disemburkan oleh Baru Jari, nah jika sudah demikian maka air Danau Sagara Anak akan meluap melalui Kokok Putik dan Kokok Tanggek. Namun, hari ini air Kokok Putik normal-normal saja dan cuaca di sekitar wilayah Sembalun juga tidak mendung-mendung lagi.

Meskipun, aktivitas Gunung Baru Jari sudah mulai mereda, namun petugas yang telah dikirim ke beberapa titik rawan tetap setandbay untuk mengantisipasi dan terus memantau keadaan sekitar. Misalnya saja, tim yang ditugaskan untuk stanbay di Kokok Putik, hingga saat ini tetap stay, bahkan tadi sore Kapolda berkunjung ke pos tersebut guna menegaskan supaya tim tetap waspada dan antsifatif akan kondisi eruvsi Baru Jari. Pencinta dan warga Kampung Media yang kami hormati, demikianlah secuil informasi yang dapat kami sampaikan. Lebih dan kurangnya kami mohon maaf dan salam dari kampung.

_By. Asri The Gila_ [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru