Tim Penilai FKP4 Kunjungi KM. Pohgading Timur


KM. Sukamulia – Tadi pagi sekitar pukul 09.30 wita (Kamis, 23 Juni 2016), Rombongan Tim Penilai Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Tahun 2016 bertandang di sekertariat KM. Pohgading Timur yang sekaligus menjadi Bascamp ASA Community (Dusun Sukamuli Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya). Tujuan kedatangan tim tersebut adalah untuk melakukan penilaian terhadap saudara Badri (pengelola KM. Pohgading Timur) yang terpilih sebagai calon Peserta Pemuda Pelopor Tahun 2016.

Kedatangan 8 orang Tim Penilai yang dipinpin oleh Lalu Malik Hidayat, S. Pd (Ketua FKP4 Lotim) adalah sebagai tindak lanjut dari hasil seleksi calon Pemuda Pelopor yang telah lolos di Tingkat Kecamatan. Saudara Badri adalah satu-satunya calon Pemuda Pelopor Tahun 2016 yang lolos mewakili Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Tujuh dari delapan orang tim penilai ini merupakan Utusan Asisten Ekonomi Pembangunan SETDA Lombok Timur dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur yang dipercayai sebagai Dewan penilai calon Pemuda Pelopor Lombok Timur Tahun 2016.

Pada kesempatan itu, Malik Hidayat menyampaikan, “setelah kami melakukan penilaian calon Pemuda Pelopor Tahun 2016 di tingkat kecamatan, dari 30-an calon peserta yang kami seleksi pada bulan Mei lalu, hanya ada 14 orang yang lolos seleksi dan patut untuk mengikuti seleksi di tingkat Kabupaten. Dan hari ini adalah jadwal kami untuk melakukan penilaian terhadap saudara Badri yang telah lolos pada seleksi tingkat kecaamatan dan ia adalah satu-satunya calon Pemuda Pelopor Tahun 2016 yang bersal dari Kecamatan Pringgabaya dan juga satu-satunya peserta yang lolos pada Bidang Kepeloporan Teknologi Tepat Guna, Komunikasi dan Informasi”.

Beliau menambahkan kepada kami, “saudara Badri bisa lolos sebagai salah satu calon Pemuda Pelopor di tingkat Kabupaten sebab kami menilai bahwa ia adalah sosok yang sangat kreatif dalam membuat inovasi berupa Insektisid Organik dan Pupuk Organik Cair (POC) dari bahan-bahan alami yang tidak pernah terpikir untuk dimanfaatkan oleh orang lain. Selain itu, ia juga aktif sebagai jurnalis yang dimana hasil-hasil pemikirannya kerap dipublikasikan di halaman Kampung Media NTB. Itulah sebabnya ia bisa lolos sebagai calon Pemuda Pelopor Tahun 2016 di tingkat Kabupaten. Ya.. semoga ia bisa lolos menjadi calon Pemuda Pelopor di Tingkat Provinsi dan nantinya akan bisa kami kirim ke Jakarta sebagai Calon Pemuda Pelopor Tingkat Nasional pada bulan Oktober mendatang”, harap Ketua Dewan Juri FKP4 Kabupaten Lombok Timur tersebut.


Tim Penilai Calon Pemuda Pelopor yang datang menyambangi markas KM. Pohgading Timur ini berjumlah 8 orang. Setelah menyampaikan maksud dan kedatangannya, tim tersebut memberikan kesempatak kepada saudara Badri untuk mempresentasikan hasil temuannya dalam bidang Teknologi Tepat Guna. Saudara Badri juga menegaskan bahwa hasil-hasil temuannya dalam bidang Teknologi Tepat Guna yang sebagaian besar dalam aspek kesehatan dan pertanian telah ia publikasikan di halaman Kampung Media NTB sehingga siapapun yang membutuhkan hasil temuannya itu dapat membaca konsepnya di halaman Kampung Media dan kemudian dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Badri juga menyampaikan bahwa hasil temuannya yang berupa Popok Organiak Cair (POC) dari bahan Ampas Pisang dan Insektisida Alami dari bahan Daun Sirsak dan Tembakau itu telah sudah digunakan oleh sebagian besar petani yang ada di sekitran Subak Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya, petani di sekitaran Desa Sajang Kecamatan Sembalun dan Petani di sekitaran Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan. Dan alhamdulillah dpetani yang menggunakan insektisida dan POC yang dibuat oleh saudara Badri tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian mereka.


Kunjungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Tahun 2016 yang diutus oleh SETDA Loti mini merupakan suatu kebanggan bagi pengelola KM. Pohgading (Badri) dan segenap anggota ASA Community. Setelah sekitar dua jam melakukan penilaian, Tim tersebut di bawa berkunjung ke Pantai Kerakat Sukamulia. Dan pada pukul 12.15 wita, tim tersebut berpamitan dengan harapan semoga saudara Badri bisa lolos menjadi calon Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi dan nantinya bisa dikirim sebagai perwakilan Pemuda Pelopor Lombok Timur yang akan berkompetisi di tingkat nasional pada bulan Oktober mendatang.

Dari kunjungan ini, dapat diketahui bahawa Kampung Media NTB merupakan bagian dari Bidang Kepeloporan yang dapat dipertimbangkan sebab memang Kampung Media adalah halaman blog yang besar, inovatif dan berdaya saing tinggi dalam bisang informasi dan komunikasi. Untuk itu, warga Kampung Media NTB harus merasa bangga sebab telah ikut menjadi bagian dari Kampung Media NTB dan yakinlah bahwa kita semua dalah pelopor, terutama sang pencetus ide/pendiri Kampung Media. Selanjutnya kami sangat berharap supaya saudara Badri mendapatkan nilai yang bagus dari tim yang mengunjunginya tadi, sehingga ia dapat menjadi calon Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi yang nantinya dapat membawa nama Kampung Media NTB dan ASA Comunity ke tingkat nasional.

_By. Asri The Gila_ () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru