2016, Kebangkitan Nasionalisme Bilok Petung

Merah Putih berkibar, Sebuah kebanggaan dirasakan oleh masyarakat Khususnya desa Bilok Petung kecamatan Sembalun dimana kali pertamanya merasakan maraknya perayaan hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke-71 di desanya sendiri. Bilok Petung merupakan daerah perbatasan kabupaten Lombok Utara dengan Lombok Timur dimana jarak tempuk menuju ke kota kecamatan sangatlah jauh. Hal ini mendorong masyarkat dan pemuda untuk bagimana agar dapat merasakan bagaimana kemerdekaan Negara kita tercinta.

Mustiawan seorang tokoh pemuda Bilok Petung bergerak di bidang pendidikan dan social yang dengan lincahnya bergerak kesana kemari sengat gigih dan keberaniannya untuk izin dari kecamatan dan meminta pendapat para tokoh dan aparat lainnya. Yang pada akhirnya membawakan hasil dan respon yang positif dari berbagai pihak. Dengan tanpa biaya sedikitpun, berbagai persiapan disiapkan. Masyarakat dan pemuda dengan gigihnya bergotong royong mempersiapkan semua persiapan yang dibutuhkan. Trik matahari yang menyengat disiang hari tak menyurutkan semangat mereka. Mereka terus berusaha agar ketika apel nanti dapat berjalan dengan sempurna tanpa ada kekurangan sedikitpun.

Tak ada rotan akar pun jadi. Hanya dengan bertiangkan bambu Sang Saka Merah Putih berkibar untuk pertama kalinya dalam upacara apel perayan hari kemerdekaan 17 Agustus di desa Bilok Petung. Masyarakat yang menjadi peserta upacara menyaksikan sang merah putih sangat terharu dan gembira. Menurut tutur warga (Muhir/23) bahwa ia sangat bangga dapat merasakan kemerdekaan Indonesia yang dirayakan di desanya.

Masyarakat berharap pada tahun yang akan datang dapat merayakan lagi di desanya walaupun dengan sesederhana mungkin, sebagai wujud jiwa nasionalisme kepada Bangsa, tanah air dan tumpah darah Indonesia.

Dirgahayu Republik Indinesia ke-71, Indonesia Kerja Nyata.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru