Ada Bunga Bangkai di Kokok Putik


KM. Sukamulia – Siapa yang tidak kenal dengan Bunga Bangkai. Sebagian besar orang yang mengatakan bahwa Bunga Bangkai itu sama dengan Bunga Rafflesia sebab bentuk dan cirinya memang agak mirip. Terlepas dari hal itu, kali ini untuk pertama kalinya kami menemukan Bunga Bangkai di wilayah Kokok Putik Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Yach… jiksa selama ini kita hanya mengathui bahwa Bunga Bangkai hanya banyak ditemukan di hutan endemic Sumatra, Jawa dan Kalimantan, nah kali ini anda dapat menemukan dan menyaksikan keberadaan bunga langka itu di kampung halaman kami, di Dusun Kokok Putik.

Bunga Bangkai yang kami temukan di wilayah aliran Kokok Putik ini tidak jauh berbeda dengan Bunga Bangkai yang disebut dengan nama latin Amorphpophallus titanium. Sebenarnya kami sudah melihat cikal bakal tumbuhan ini sejak 2 minggu lalu (disaat hujan mulai turun dengan lebat di wilayah Kokok Putik dan sekitarnya), namun kami mengira cikal bakal bunga tersebut adalah cikal bakal dari Bunga Lombos sebab bentuknya mirip sekali. Kami baru tahu bahwa itu adalah Bunga Bangkai setelah mencium bau busuk waktu main-main di atas sungai kemarin sore.


Bunga Bangkai yang kami temukan ini memang tidak jauh beda dengan Bunga Bangkai jenis Amorphpophallus titanium, namun kami menamainya Rafflesia

ceae lombosis. Kami menyebutnya dengan nama itu sebab bunga ini termasuk dalam family Rafflesiaceae dan karena ditemukan di wilayah pulau Lombok maka kami memberinya nama belakang lombosis. Heheeeee, itu sich menurut saudara Badri yang memang memiliki pengetahuan yang cukup lumayan dalam bidang klasifikasi makhluk hidup. Maklumlahhh, saudara Badri kan seorang Sarjana Pendidikan Biologi yang cukup ulet dalam bidang penelitian, heheee.

Bunga Bangkai yang kami temukan di wilayah ngarai Kokok Putik ini memiliki cikal bakal yang mirip dengan bunga Lombok (salah satu jenis bunga liar yang banyak ditemukan di wilayah pulau Lombok). Cikal bakalnya berbentuk kuncup yang cukup besar dengan warna hijau kekuning-kuningan dengan bercak-bercak berwarna putih pada seluruh bagian batangnya. Dari hasil pengamatan yang kami lakukan, cikal bakal Rafflesiaceae lombosis ini menguncup selama dua minggu (sejak kuncupnya muncul di atas permukaan tanah) dan ia mekar pada awal minggu ketiga.

Untuk mencapai bunga yang mekar penuh, Bunga Bangkai ini membutuhkan waktu selama empat hingga lima hari. Setelah mekar, bunga ini memiliki bunga majemuk yang cukup besar dan warnanya agak merah keungu-unguan. Bunga ini memiliki tinggi sekitar dua jengkal dan setelah mekar ukuran kelopaknya sebesar piring.

Hingga hari ini, kami baru menemukan 6 batang Bunga Bangkai itu pada wilayah yang sama dan tadi pagi kami coba melakukan penelususran ke sekitaran wilayah aliran Kokok Putik, namun kami tidak dapat menemukan