Anugerah Kampung Media Untuk Muhammad

Menjadi sebuah kewajiban seorang Jurnalis atau Jurnalisme Warga untuk mengungkap fakta dan realita sosial yang terjadi di Tanah Air, terutama di daerah-daerah terpencil. Potret Kemiskinan, Pendidikan (Putus Sekolah) dan Kesehatan sudah tidak lagi menjadi rahasia umum di Negeri ini. Oleh karena itu, sebagai Komunitas Kampung Media atau informasi masyarakat, harus lah jeli dalam mencari, melihat, menelaah, menulis, lalu menyiarkan kepada publik dan menjadikannya sebagai trending topik. 

Kali ini, saya akan kembali mengulas cerita tentang seorang anak kecil di Kabupaten Dompu, yang berjuang untuk keberlangsungan hidup bersama Kakek dan Neneknya. Yang sebelumnya telah saya tuliskan dan berhasil membawa saya mendapatkan Penghargaan sebagai penulis sosok inspirasi kampung bidang ekonomi di Kampung Media NTB.

Sosok tangguh yang membantu keberlangsungan hidup keluarga, memenuhi kebutuhan dengan pendapatan yang pas-passan, layak dicontohi oleh orang lain. Ditambah lagi dengan keterbatasan yang dimiliki serta umur yang tidak memadai untuk menjadi tulang punggung keluarga, tidak dijadikannya sebagai penghalang untuk terus berjuang dalam melanjutkan hidupnya sebagai seorang anak yang memiliki tanggung jawab terhadap keluarganya.

Terik matahari, terbatas nya waktu bermain dengan teman sebaya harus dirasakannya dan mau tidak mau harus diterima pula oleh dirinya. Meskipun hasil yang didapatkan dalam setiap bekerja jauh dari yang diharapkan, tidak menurunkan niatnya untuk terus berjuang. Putus sekolah menjadi salah satu jalan untuk menjalankan rutinitasnya itu.

Ya, dia lah Muhammad, bocah penjual belut keliling di Kabupaten Dompu yang berumur 10 tahun, asal Lingkungan Pelita, Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. Aktivitas ini dilakukan Muhammad untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama Kanker dan Neneknya (Mansyur Muhammad 65 tahun dan Asiah Mansyur 60 tahun) yang tinggal di sebuah Pondok Bambu (Salaja O'o).

Kisah Muhammad, dijadikan sebagai sosok inspirasi Kampung Bidang Ekonomi oleh Portal Jurnalisme Warga NTB Kampung-Media.com yang diumumkan langsung oleh Kepala Kampung H Fairuz Abadi SH., saat acara Malam Anugerah Kampung Media atau Jambore Kampung Media, pada Rabu 30 November 2016 lalu di Hotel Golden Tulip Mataram. Muhammad dianggap sebagai sosok tangguh yang membantu pertumbuhan ekonomi keluarganya, penghargaan dan bantuan diberikan kepada Muhammad berupa trofi dan uang tunai sebesar Rp 2.500.000.00, dengan harapan dapat meringankan beban serta membantu Muhammad dan keluarga.

Muhammad tidak hanya mendapatkan bantuan dari Kampung Media NTB, tetapi juga mendapatkan bantuan dari Gubernur NTB Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi M.A., berupa uang tunai sebesar Rp 2.500.000.00. Harapan yang sama juga ditindihkan kepada Muhammad, semoga bisa meringankan beban ekonomi keluarga.  Sayangnya, saat perhelatan acara sekali setahun untuk Komunitas Kampung Media se NTB itu, Muhammad tidak hadir untuk menerima langsung penghargaan dan bantuan yang didapatkannya.

Sebagai Penulis cerita hidup Muhammad, saya Admin Kampung Media Ncuhi Saneo Woja mewakilinya untuk menerima penghargaan dan bantuan tersebut. Dan sayapun sudah menyerahkan nya kepada Muhammad langsung di Kediamannya di Pelita Dompu beberapa waktu yang lalu. 

Untuk kedua kalinya, saya kembali memberikan bantuan kepada Muhammad, tepatnya pada Jumat (16/12/2016) siang. Kali ini, bantuan yang dijanjikan oleh Gubernur NTB berupaya uang tunai sebesar Rp 2.500.000.00 pada saat acara Jambore Kampung Media. Saat menerima bantuan, Muhammad yang ditemani sang Kakek dan sang Nenek, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur NTB atas bantuan yang diberikan kepada nya.

Muhammad mengaku, bantuan tersebut akan digunakan untuk membeli sepeda sebagai alat transportasi nya ke Sekolah. Karena saat ini, Muhammad sudah kembali masuk sekolah dan duduk di bangku Kelas 4 Sekolah Dasar 04 Dompu. Bantuan tersebut juga akan digunakan untuk menambah modal usaha kecil-kecilan neneknya dan  untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru