Gawe Beleq Lancar

ACARA GAWE BELEQ IKRAR LANCAR

KM. MASBAGIK. Desa Kesik, Kecamatan Masbagik. Setiap daerah memiliki karakteristik budaya masing-masing yang bisa diajuan sebagai ajang untuk destinasi wisata. Ada yang berupa perayaan Bubur Beaq, Bubur Puteq, Maulid Adat, Bejango Bliq dan banyak lagi jenis kegiatan yang lainnya. Semuanya tidak lain dilakukan untuk menjaga tradisi dan nilai luhur yang telah diwarisakan oleh nenek moyang kita.

Di Desa Kesik saat ini mengenai kegiatan adat bisa dikatakan sudah sangat jarang sekali ditemukan. Hal itu yang melatar belakangi anggota IKRAR Karang Gading untuk membuat suatu acara untuk mengingatkan kembali bahwa Desa Kesik memiliki suatu nilai luhur yang tidak bisa ditinggalkan. Terkait dengan perayaan pergantian tahun, hal ini menjadi momen juga untuk menggelar kegiatan. Dan setelah para anggota IKRAR berkumpul dan disepakatilah untuk mengadakan kegiatan Gawe Beleq.

 Kegiatan Gawe Beleq  adalah suatu bentuk acara sebagai rasa syukur kepada Allah SWT yang diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya mulai dari acara persiapan, hingga berakhirnya pada pertangahan malam pergantian tahun. Kegiatan merupakan kegiatan pertama yang dilakukan dengan tujuan agar para pemuda tidak keluar kesana kemari dalam menyambut pergantian tahun. Namun mereka semua berkumpul disuatu tempat dan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Adapun kegiatannya dilakukan pada tanggal 31 Desember 2016 – 1 Januari 2017. Acaranya terdiri dari pembukaan, shalat asyar berjama’ah, napak tilas ke salah satu makam penyebar agama Islam di Desa Kesik, Shalat Magrib berjama’ah, pembacaan surah Yasin, sarasehan budaya, dan acara makan-makan bersama. Dinamakan sebagai Gawe Beleq karena tidak tanggung-tanggung 50 anggota remaja IKRAR ikut hadir dalam acara tersebut karena telah disiapkan 10 kilo beras dan 9 kilo ikan nila sebagai hidangan yang akan disantap bersama-sama. Salam pergerakan dari kampung.

By_Andre D’Jails () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru