Banjir, Petani Kalimantong Terancam Gagal Panen

KM Komedik - Hujan yang melanda Sumbawa Barat Tiga Satu Minggu Terakhir Khususnya Desa Kalimantong Brang Ene Sumbawa Barat mengakibatkan meluapnya air orong (Bahasa Daerah) Air pegunungan desa kalimantong menyebabkan puluhan Hektar lahan pertanian di wilayah peliuk batu putih Desa Kalimantong terancam gagal panen di karenakan tiga hari tiga malam tanaman padi terendam air.

Sopan (39) salah satu petani berharap kepada pihak pemerintah terkait supaya ini bisa segera di tanggulangi karena ini terjadi setiap tahun. Kepada pemerintah kami berharaf agar kami segera di bantu untuk penyelsaian masalah ini. kata Opan. Kalau ini tidak segera ditanggulangi maka kami petani di wilayah tersebut setiap tahun kalau cuaca seperti ini pasti kami gagal panen.

Hasan salah satu staf desa kalimantong mengatakan bahwa hal itu sudah usulkan di Musrenbangdes dan bahkan di Musrenbang Kecamatan. kami juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten atau Provinsi supaya ini dengan segera di tanggulangi pembuatan gorong gorong dan saluran bawah tanah sepanjang kurang lebih 300 M, mengapa saya mengatakan demikian karena ini memakan biaya yang sangat banyak. melebihi 100 juta.

Coba biaya di bawah seratus juta pasti kami kerjakan dengan Dana Desa tapi ini memakan biaya yang sangat banyak berkisar 500 Juta ke atas.

Hasan juga menambahkan ada dua solusi yang harus di ambil oleh pemerintah untuk masalah ini yaitu satu pembuatan gorong - gorong atau saluaran bawah tanah karena pembuangan airnya nanti melalui area persawahan petani, terus yang kedua yaitu pembuatan embung dan irigasi di samping gunung dari datangnya air tersebut.(hesso komedik) -03

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru