Pungutan Di Balik Musibah Banjir

KM Sambang Kampung- Banjir Bandang yang melanda Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur berdampak sangat besar terhadap kehidupan masyrakat setempat. Sebanyak tujuh jembatan roboh yang membuat akses masuk di kecamatan Sambalia ini semakin sulit. Saat ini masyarakat Sambelia tidak bisa melewati jembatan utama yang menghubungkannya ke daerah lain.

Kecamatan Sambelia sekarang sudah terisolir, meskipun demikian bantuan masih dapat masuk karena petugas dari BPBD dibantu oleh TNI dan Polri tetap siaga membantu untuk menyalurkan bantuan. Masyarakat dan aparat bahu membahu untuk membuat jembatan darurat sehingga masyarakat dapat menyeberang keluar masuk kecamatan Sambelia.

Namun dibalik kesulitan masyarakat tersebut ada beberapa kelompok yang memanfaatkan siatuasi ini untuk memdapatkan keuntungan. Kelompok ini apakah terorganisir atau tidak yang jelas melakukan pungutan-pungutan terhadap masyarakat yang beraktifitas baik yang ke kantor maupun yang berwirausaha,

Ada tariff-tarif yang dipungut dari masyarakat seperti menyeberangkan sepeda motor di kenakan Rp 50.000, parkir dikenakan Rp 5.000., penggunaaan uang hasil pungutan ini tidak jelas. Hal ini sangat memberatkan masyarakat apalagi para pelajar, mereka tidak mampu membayar untuk menyeberangkan kendaraannya sehingga diparkir dirumah penduduk namun dikenakan tariff parker sebesar Rp 5.000. hal ini membuat para siswa SMA dan SMK banyak yang tidak datang ke sekolah.

Salah seorang guru SMK Negeri 1 Sambelia Kadir Alfan Alayidrus mengatakan bahwa banyak sekali siswa yang tidak dapat ke sekolah karena mengeluhkan biaya parkir kemudian menyeberang sungai lalu naik ojek dengan ongkos Rp 10.000. jadi setiap siswa akan mengeluarkan biaya ke sekolah sebesar Rp 25.000 perhari kondisi ini sangat memberatkan.

Melihat kondisi seperti itu maka pemerintah harus  segera memberikan bantuan kendaraan untuk mengangkut siswa sehingga dapat kesekolah setiap harinya tanpa banyak mengeluarkan biaya, terlebih lagi bagi siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional yang akan dilaksanak sebentar lagi yaitu tanggal 3 sampai dengan tanggal 9 April 2017.(Uyik) -03

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru