Bau Nyale di Kaliantan,

Berbagai upaya dilakukan pemerintah guna mendorong peningkatan angka kunjungan wisatawan di Nusa Tenggara Barat. Salah satu startegi yang dilakukan adalah dengan memperbanyak even baik even tradisional maupun even yang bersifat modern. Peristiwa budaya seperti Bau Nyale atau penangkapan cacing laut, adalah even menarik. Even Bau Nyale di pantai Seger Lombok Tengah, dengan legenda putri Nyale atau Putri Mandalika  telah menyedot perhatian wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Ribuan orang berbondong-bondong menyaksikan peristiwa budaya ini. 

Sebagai bentuk apresiasi dan inovasi dibidang pariwisata, pemerintah juga memaksimalkan keberadaan even budaya lainnya. Bebebapa tahun ini, kegiatan atau even Bau Nyale yang hanya terpusat di Lombok Tengah sudah tidak lagi. Pemerintah juga mendukung dan mendorong pelaksaan even budaya Bau Nyale di Lombok Timur.

Even Bau Nyale di Lombok Timur dilaksanakan di Kaliantan. Tahun ini, perayaan even Bau Nyale di Kaliantan Lombok Timur dilakukan tanggal 14-17 Februari 2017. Acara ini terbilang sukses. Pawai Budaya, Sendratari, Pentas Seni dan Pentas Wayang kulit menjadi magnit kegiatan ini. Asrul Salah seorang warga Jero Waru mengatakan kegiatan Even Bau Nyale Pantai Kaliantan menjadi ajang pertemuan dan hiburan warga yang patut diapresiasi. Ia berharap pemerintah tidak hanya membesarkan acara di pantai Kuta. Saya melihat kelompok adat di sini sangat berperan dalam kegiatan Bau Nyale ini, katanya. [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru