Dilanda Kekeringan, BPBD Salurkan Air Bersih


LOMBOK BARAT, KM. Kekeringan yang melanda warga masyarakat di saat musim kemarau panjang ini, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Barat (Kab.Lobar)  segera menyalurkan bantuan air bersih. 

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih  khususnya di wilayah parah kekeringan seperti wilayah Kecamatan Sekotong, Lembar, dan Kuripan, BPBD Kab. Lobar bekerjasama dengan Dinas Sosial, Dinas Damkar, PDAM Giri Menang, Polres Lobar, serta BPBD Propinsi NTB. Selaku koordinator, pihak BPBD sudah menyalurkan air bersih di 11 Desa di wilayah Lobar sejak beberapa hari yang lalu.


Saat ini, penyaluran dilakukan di tiga titik. Masing-masing di dusun Buntasge, Lendang Sedi dan dusun TanakPutik Desa Giri Sasak Kecamatan Kuripan. Ratusan warga dengan aneka ember dan jerigen, mengantri untuk memperoleh jatah air layak konsumsi itu.

Kepala BPBD Lobar melalui Kepala Sub Bidang Logistik, Tohri yang di hubungi via ponsel menjelaskan, sampai saat ini pihaknya sudah mendistribusikan air bersih sejak tanggal 4 September lalu. Sasarannya 11 Desa, yakni Desa Giri Sasak, Banyu Urip, Giri Tembesi, Labuan Tereng, Eyat Mayang, Jembatan Gantung, Cendi Manik, Batulayar Barat, Senggigi, Kuripan Selatan dan Bukit Tinggi.

Lebih lanjut Tohri menjelaskan, penyaluran berdasarkan kemampuan DPA BPBD yaitu 90 kali pendistribusian. Sasarannya untuk desa-desa yang dianggap tingkat kerawanan air bersihnya parah.

Selain pendistribusian air bersih, untuk program jangka panjang, BPBD juga tengah berupaya membangun sumur Bor melaui bantuan BPBD Provinsi NTB di Desa Sekotong Tengah dan Desa Bengkaung-Batulayar. "Mudah mudahan bantuan yang diberikan pemerintah dapat membantu masyarakat Lombok Barat," kata tohri.

Salah satu warga Lendang Sedi, Marsoan mengaku, bersyukur mendapat bantuan air bersih. Dengan bantuan ini, warga tidak lagi merasa krisis air bersih kendati untuk beberapa hari ke depan. “Kami menunggu agar agar Pemerintah dapat menyalurkan kembali dengan jumlah yang lebih banyak untuk seluruh warga Dusun Buntage, Lendang Sedi dan Tanah Putih,” harapnya. []

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru