Prodi HI Unram Gelar Seminar Nasional

Puluhan peserta dari kalangan umum semua mahasiswa  hadir dalam seminar nasional dengan tema Geostrategis Indonesia di Kawasan Asia Pasifik Implementasi Poros Maritim yang diadakan oleh Prodi Hubungan Internasional (HI) tepatnya di Aula Ruang Sidang Senat Rektorat lantai 3 Universitas Mataram (Unram) 09/17.

Beberapa tokoh pejabat hadir dalam kegiatan tersebut seperti, Rektor Unram, Prof. H.Sunarphi sekaligus membuka acara, dan  para dosen-dosen lainnya, serta berkesempatan hadir dari Polda NTB, dan TNI AL.

Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut  DR. Connie Rahakundini Bakrie selaku pengamat Militer dan Pertahanan, dalam kesempatannya menyampaikan konsep poros maritime dunia (PMD) yang dicanagkan oleh Presiden Ir.Joko Widodo merupakan visi aktualisasi kepentingan bangsa Indonesia di Laut sebagai Negara kepulauan yang bercirikan nusantara, terletak di dua samudera, dan dua benua Indonesia seharusnya mampu memanfaatkan laut dan angkasa untuk mencapai kejayaan. Untuk mewujudkan semua itu tentunya harus membangun kembali budaya maritime bukan berupa symbol tetapi Revisit pada nilai-nilai keterbukaan, Toleransi, Inovasi, dsn kekuatan pertahanan berbasis pada Outward looking visions merupakan nilai budaya maritim yang harus dibangkitkan dan disebarkan kembali.

Menegaskan Indonesia sebagai poros maritim dunia menjadi sebuah momentum lompatan kembali untuk bagaimana anak bangsa ini menyadari letak dan posisi Indonesia sebagai sebuah kekuatan dunia yang berada diantara dua samudera yaitu samudera hindia dan pasifik.

Dengan kegiatan ini harapnya dapat membangunbersama-sama mental dan moral bangsa untuk dapat berevolusi dan berinovasi untuk mencari jalan keluar untuk bangkit kembali menjadi bangsa pemenang, bangsa maritim yang besar hebat dan digdaya dapat segera terwujud. (San_ikp)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru