Apel Hari Pahlawan, Veteran Lobar Dapat Bingkisan


LOMBOK BARAT-KM.Gelaran kegiatan apel bendera Hari Pahlawan ke 72 kabupaten Lombok Barat (Lobar)  berlangsung hidmat dan haru. Keharuan itu sangat dirasakan oleh tiga orang veteran asal Lobar. Ketiga mantan pejuang kemerdekaan itu masing-masing, Tohri, Sutrisno dan Darsinah. Mereka haru karena selain medapat bingkisan, tetapi juga mendapat kesempatan untuk ikut apel dan duduk setara dengan pejabat lingkup pemkab Lobar.


Usai kegiatan apel bendera, Bupati Lobar selaku Inspektur Upacara (Irup) berkenan memberikan bingkisan kepada para veteran itu. “Kami berterima kasih kepada pemda Lobar yang telah mengingat dan memperhatikan kami para veteran,” jelas Darsinah usai apel. Menurut veteran Pembela yang pernah bergabung dalam Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) itu menyatakan, ikut terlibat membela Dwi Kora dan Tri Kora. “Saya juga ikut dalam kegiatan pembebasan Irian Barat,” papar Darsinah yang diamini oleh kedua rekan veteran seperjuangannya.

Dalam kegiatan pembangunan di Lobar, pada kesematan itu Darsinah menyatakan, pihaknya akan turut serta dan mendukung, kendati jumlah veteran di Lobar jumlahnya bisa dihitung dengan jari.


Di sisi lain, kegiatan apel bendera cukup hidmat. Didukung pula oleh cuaca pagi yang cerah. Bupati Lobar, H.Fauzan Khlaid selaku Irup, membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa. Salah satu Rundown acara pada apel hari pahlawan 10 November di Lobar, dibacakan pesan-pesan sejumlah pahlawan yang telah gugur dalam membela kemerdekaan. Diawali dengan pesan dari Jenderal Sudirman, Prof.Moh.Yamin,SH, Bung Tomo, Gubernur Suryo, Sukarno, Moh.Hatta, RA.Kartini dan Ki hajar Dewantoro.

Untuk menutup sambutan, bupati Fauzan juga berkesempatan memberikan apresiasi kepada pemerintah atas anugerah Pahlwan kepada salah seorang putra NTB. “Saya juga mengapresiasi dan syukur atas ditetapkannya Maulanasyeikh TGKH Zainuddin Abdul Madjid sebagai Pahlawan Nasional,” papar bupati.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru