Praja, Kalender Tahunan Maulid Dasan Agung

Arak-arakan Praja (praje)– tandu hias adalah suatu kalender tradisi tahunan bagi warga Lingkungan Arong-Arong Timur Kelurahan Dasan Agung Mataram. Tradisi setiap tahunnya yang berlangsung pada hari peringatan Maulid Nabi ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh warga setempat. Berbagai bentuk kreatifitas warga setempat tampil menhebohkan. Sebuah kereta kencana dan Sepasang burung raksasa yang dinaiki anak-anak muncul dari perkampungan penduduk sembari diringi oleh musik moderen sehingga bagi yang menyaksikannya tampak gembira bahkan bergoyang mengikuti irama musik.


Bukan hanya sepasang burung raksasa yang menjadi hiburan tahunan bagi warga Kelurahan Dasan Agung di Mataram di penghujung tahun 2017. Sebuah motor besar dengan modifikasi klasik tampil memukau di jalan Langko Mataram. Seorang gadis cantik dengan rambut terurai duduk di atas motor besar itu sembari menggoyangkan seluruh tubuhnya. Aksi gadis bermbut semampai di atas motor besar di ponggo (tandu) oleh delapan pemuda. Alunan musik disco yang begitu keras memberi komando kepada pelaku arak-arakan praja hingga tanduhan itu beraksi menguasai ruas jalan. Ribuan warga sekitar bermunculan dari perkampungan untuk menjadi saksi. Namun sebagian anak muda mengawal arak-arakan sembari mengeluarkan goyangannya.


Kehadiran akrak-arakan di Jalan Langko luar biasa meriahnya. Mereka pun menutupi semua ruas-ruas jalan. Untung saja pihak pengamanan (polisi) mampu mengimbangi ribuan penonton. Para polisi berusaha keras membuka ruas jalan pada bagian kanan, agar pengendara lalu lintas dapat menembus massa yang menutupi jalan.