Kontingen Terbaik Karnaval Jong Lombok Utara


KM. Sukamulia – “Karnaval Jong”, demikianlah peserta dan panitian pelaksana Jambore PTK PAUD Lombok Utara 2017 menyebut lomba karnaval yang diselenggarakan sebelum Jambore dibuka oleh Bupati KLU (29 November 2017). Kegiatan ini disebut dengan nama Karnaval Jong sebab semua peserta karnaval yang berasal dari seluruh wilayah Kabupaten Lombok Utara menggunakan pakaian tradisional yang dilengkapi dengan penutup kepala yang merupakan ciri khas perempuan Lombok Utara. Penutup kepala itulah yang disebut dengan nama Jong. Karnaval ini diikuti oleh perempuan (Guru PAUD) dari seluruh wilayah Lombok Utara dan Nominasi Kontingen Terbaik Karnaval Jong Lombok Utara 2017 didapatkan oleh Kelompok Perempuan (PTK PAUD) Kecamatan Bayan yang dipinpin oleh Wahyuni, S. Sos.

Jong adalah salah satu pakaian tradisional masyarakat Lombok Utara yang merupakan bagian dari pakaian penutup kepala wanita Lombok Utara. Berbentuk Jong meyerupai topi panjang yang terbuat dari bahan dasar benang tenun berwarna merah dengan ragam hias berbebentuk belah ketupat berwarna putih, kuning dan hijau. Penutup kepala yang disebut dengan nama Jong ini khusus dipakai oleh paranata adat wanita Lombok Utara yang biasanya berasal dari golongan bangsawan dan golongan kiyai. Pada umumnya, pakaian penutup kepala yang disebut Jong ini merupakan pakaian asli masyarakat adat Bayan yang kemudian dijadikan sebagai ciri dan pakaian khas perempuan Lombok Utara. Pakaian ini biasanya digunakan pada saat dilaksanakannya pada saat pelaksanaan tradisi-tradisi adat, terutama pada saat pelaksanaan tradisi Maulid Adat dan Lebaran Adat pada masyarakat Bayan.

Salah satu rangkaian acara Jambore PTK PAUD Lombok Utara 2017 adalah Karnaval Jong Lombok Utara yang diikuti oleh seluruh peserta Jambore (350-an orang) PTK PAUD yang berasal dari seluruh wilayah Kabupaten Lombok Utara. Peserta karnaval dibagi menjadi 5 kontingen yang mewakili kecamat-nya masing-masing, yakni Kontingen PKG PAUD Kecamatan Pemenang, Kontingen PKG PAUD Kecamatan Tanjung, Kontingen PKG PAUD Kecamatan Kayangan, Kontingen PKG PAUD Kecamatan Gangga dan Kontingen PKG PAUD Kecamatan Bayan.

Koningen karnaval ini dilepas langsung oleh Bupati Lombok Utara (Dr. Haji Najmul Akhyar, SH., MH) dan Bunda PAUD Lombok Utara (Hj. Rohani Najmul Akhyar) pada pukul pukul 15.00 wita dengan rute Halaman Kantor Dikpora - Kantor Badan Statistik Lombok Utara dan finish di Halaman Kantor Bupati Lombok Utara. Peserta karnaval yang seluruhnya menggunakan pakaian tradisional Lombok Utara dengan Jong masing-masing terlihat menawan dan menarik perhatian para pejalan dan warga sekitar yang sengaja menonton kegiatan tersebut.


Setelah melalui penilaian dewan juri, Kontingen PTK PAUD Kecamatan Bayan memperoleh Nominasi Kontingen Terbaik I Karnaval Jong tersebut. Kontingen PKG PAUD Kecamatan Pemenang sebagai Juara Terbaik II dan Kontingen PTK PAUD Kecamatan Tanjung sebagai Juara Terbaik III. Pengumuman dilaksanakan pada acara Penutupan Jambore PTK PAUD Lombok Utara 2017, sekitar pukul 16.00 wita (30 November 2017). Kontingen Bayan mendapatkan nominasi tertinggi sebab seluruh pesertanya menggunakan Jong Asli Bayan yang digunakan sesuai dengan tatanan aturan penggunaan pakaian adat tersebut. Teropi Nominasi Terbaik Karnaval Jong tersebut diserahkan oleh Kepala Dikpora Kabupaten Lombok Utara dan untuk PKG PAUD Kecamatan Bayan, tropi-nya diterima oleh Wahyuni, S. Sos selaku ketua kontingen.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru