Kawan Seperjuangan Mulai Menulis Di Kampung Media


KM. Sukamulia – Senin (11/12/2017), sekitar pukul 11.28 wita, Insan Karisma mengirimkan pesan via inbok facebook. Pesan itu berisi tentang ketertarikannya untuk bergabung menjadi warga Kampung Media NTB. Laki-laki yang di SK-kan sebagai salah Guru Sejarah Indonesia di SMK Kota Raja Kabupaten Lombok Timur ini merupakan kawan seperjuangan penulis saat duduk di bangku kuliah. Setelah beberapa saat berkomunikasi via inbok, Insan Karisma langsung membuat akun pribadi dan mulai mempublikasikan tulisan perdananya pada kanal Lingkungan dengan judul “Jumpa Berlian Bersama di Kampung Terara Utara”.

Tidak pernah penulis sangka jika saudara Insan Karisma akan tertarik dan bergabung mejadi warga Kampung Media. Penulis sempat tercengan saat membaca inbok-nya, “Berembe entan te bedaftar piak web Kampung Media nu ?. Melente milu, maeh badak te (bagaimana cara kita daftar membuat web Kampung Media ?. Ayo kasi tau saya)”, kata Insan.

“Serarch Kampung Media lek Google. Amun muncul, bukak “Kampung Media Portal Jurnalisme Warga NTB”. Baeh arak kena daftar lek to… daftar owah marak entan daftar fb… daftar kadu email aktif side (Search Kampung Media di Google. Kalau muncul, buka “Kampung Media Portal Jurnalisme Warga NTB”. Nanti ada kata daftar di sana… daftar saja seperti daftar facebook… daftar menggunakan email aktif anda)”, papar penulis. “Oke… makasi…”, katanya singkat. “Sip guru”, jawab penulis.


Beberapa lama berselang, Insan mengirikan pesan lagi, “URL profil blog ni ape te isik”, katanya dengan bahasa Terara-nya (artinya: apa yang kita isi di URL profil balog itu). Heheee ternyata saudara Insan sudah mendaftar. “Isi biodata singkat side, nama, alamat, nomor hp dan email”, jelas penulis.

Tidak lama berselang, ia menginformasikan bahwa dirinya sudah menulis di Kampung Media dan meminta saya tulisannya. Heheee ternyata, rekan seperjuangan penulis yang satu ini serius untuk bergabung menjadi salah seorang warga Kampung Media NTB. Semasa duduk di bangku kuliah, kami bersama melakukan diskusi dan penelitian sejarah dalam sebuah organisasi kecil yang kami sebut dengan nama Clab Diskusi Sejarah. Insan Karisma memiliki ide-ide brilian dalam hal penelitian sejarah, sayangnya setelah kami lulus dari bangku kuliah Clab Diskusi Sejarah pakum total dan alhamdulillah Yang Maha Kuasa kembali mempertemukan kami pada Forum MGMP Guru Sejarah Lombok Timur yang pada forum tersebut saudara Insan bertugas sebagai coordinator kami dan hari ini ia bergabung sebagai Warga Kampung Media NTB untuk menyampaikan dan menyebarluaskan informasi-informasi yang dimilikinya. Selamat bergabung saudara yang ku banggakan, mari kita lanjutkan perjuangan kita yang dulu sempat terhenti.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru