Aktivitas Sungai Jangkuk


Aktivitas masyarakat Dasan Agung mataram dan sekitarnya sangat beragam pada saat sore hari. Ketika ditemui sore kemarin ketika saya pulang dari kantor, kebetulan ketemu dengan masyarakat namanya Jaya dari dasan aagung mataram dan Nyoman dari Cakra dengan jarak tempuh lumayan jauh. Yang saat itu mereka sedang memancing ikan bersama kawan-kawannya.

Mengingat ada tugas dari kantor Kominfotik NTB, untuk pengambilan video ucapan ulang tahun NTB yang ke 59, sehingga saya menuju ke tepi sungai jangkuk untuk pengambilan video, akhirnya mereka mau dan berjalan dengan baik, sehingga mengahsilkan sebuah video masyarakat mengucapkan selamat ulang tahun NTB.

Melanjutkan perjalanan pulang ke kos di Pejeruk Kebun Bawak Tengah, dari sisi tepi sungai dengan banyak aktivitas masyarakat dari golongan orang tua, anak muda duduk-duduk dipinggir sungai main gitar, bahkan proyek pembuatan jambatan yang menghubungkan antara Dasan Agung dengan Pejeruk Ampenan  tepatnya di tengah-tengah antara jambatan Udayana dan Jambatan Gapuk, bahkan terlihat anak-anak kecil bermain kapal-kapalan disungai itu dengan mandi secara bersamaan.

Namun sebelum sampai ke kos di jambatan Gapuk menuju Pejeruk saya menghadap sekitar sungai jangkuk, merasa perihatin ketika melihat banyak masyarakat seputaran sana membuang sampah yang bukan pada tempatnya, apalgi dengan bulan Maulid banyak sampah berserakan. Dengan kondisi lingkungan seperti itu membuat pemandangan menjadi kotor.

Padahal jika pemerintah kota Mataram bisa menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampat atau pelarangan atau yang lainnya, kemudian bisa ditata dengan baik maka bisa saja itu menjadi peluang ekonomi masyarakat seandainya hal itu dijadikan wisata lingkungan sungai Jangkuk Mataram yang indah nan mempesona. Dengan tempatnya yang berada di pusat kota dengan masyarakat yang ramai.(San_ikp)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru