Maulid Terakhir Di Dasan Agung Lebe


Puluhan masyarakat Dasan Agung Desa Tanak Beak, Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya berkumpul di masjid Al Ishlahul Yaqin selasa pagi tadi, menggelar pengajian Maulid sebagai rangkaian perayaan Hari Lahirnya Nabi Muhammad SAW pada bulan Rabiul Awwal 1439 H, 19/17.

Banyak tokoh Agama, Masyarakat, Pemuda serta ibu-ibu, bahkan anak-anak Santri dan Santriwati dari pondok  Darul Mudjitaba yang ada di dusun Dasan Agung Lebe Lombok Tengah hadir pada acara tersebut.

Pengajian itu yang diisi oleh TGH.Abdul Qadir Jailani Ampenan. Dalam kesempatannya menyampaikan bahwa pentingnya memperingati perayaan Maulid ini sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat karunia yang diberikan Allah kepada kita sekalian selama ini. Maka dengan seperti inilah memperkuat tali silaturrahim antar sesame muslim lainnya.

Lanjutnya pada bulan maulid ini, masyarakat dimanapun terutama di pulau Lombok ini. Rata-rata para ibu-ibu dari tidak ada menjadi ada, dari tidak mampu menjadi mampu, karena segala macam aneka makanan kita cari semuanya ada, dari daging sapi, ayam sate daging, jajan, kue semuanya ada, itulah karunia rizki yang diberikan Allah kepada kita, “Maka sepatutnya untuk selalu bersyukur dan mengingat Allah dimanapun kita berada” Ujarnya.

Diakhir acara ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan memotong rambut anak kecil yang baru lahir (Ngurisan). Hal ini sudah menjadi kebiasaan dari tahun-tahun sebelumnya bisa mengambil keberkahan dari tangan-tangan orang alim ulama ketika memotong rambutnya.


Namun, sebelum acara selesai dilanjutkan makan bersama tasyakuran dengan dulang nasi dan jajan yang dibawa oleh ibu-ibu, sebagai bentuk kebersamaan antar sesama kampung Dasan Agung.(san_ikp)

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru