Tertimbun Tanah Longsor di Sembalun

Intensitas curah hujan di bulan Januari 2018 ini meningkat,  diikuti oleh peningkatan risiko tanah longsor, mesti kita waspadai. Seperti yang terjadi jalan raya Pusuk Sembalun Pada hari Rabu (10/1) menyebabkan seorang pengguna jalan meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor.

Bencana tanah longsor memakan korban Amaq Riki warga dusun Jorong Desa Sembalun Bumbung Kabupaten Lombok Timur, pengguna jalan yg melintas sehingga menyebabkan meninggal dunia tertimbun material longsor.


Menurut saksi mata, Egi yang selamat dari bencanan tanah longsor, menceritakan bahwa saat itu dia dan kedua temannya mengendarai mobil Avanza sepulang dari pasar Bertais Kota Mataram menuju kearah Sembalun.

“Sekira pukul 05.00 wita subuh saya bersama teman-teman berhenti dari jauh karena melihat tanah yang meghalangi jalan. Kami mengecek lokasi jalan yg saat itu sdh  tertimbun longsor apakah jalan masih dapat di lewati atau tidak,” ujarnya.

Lanjut Egi “Namun tiba-tiba terjadi longsoran susulan dari arah belakang,  saya sempat lari menyelamatkan diri namun sempat terkena sedikit material tanah yang longsor bersama kedua rekan saya, apesnya mobil kami tertimbun,” ungkapnya.

Sedangkan Riki yang tertimbun, Sekira pukul 06.30 wita dapat di evakuasi oleh masyarakat setempat dengan menggunakan alat seadanya. Korban selanjutnya di bawa ke puskesmas Sembalun.

Pemerintah setempat bergerak cepat untuk membersihkan material tanah longsor yang menutup jalan menggunakan alat berat sehingga jalan tersebut dapat dilewati kembali.

Sempat terjadi kemacetan dengan antrian kendaraan serta padatnya masyarakat yang ingin melihat langsung bencana tanah longsor tersebut. [Edy]

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru