Gendang Beleq TNI Polri NTB Tampil Depan Presiden

  NTB tampil di Istana. Negeri Seribu Masjid yang diwakili 70 personil dari dua institusi keamanan yakni jajaran TNI NTB dan Polda NTB manabuh perkusi tradisional Gendang Beleq. Gemuruh suara solmisasi dari tangga nada pentatonis memukau Presiden, Panglima TNI, Kapolri dengan formasi 17-8-45


Tim Gendang Beleq yang terdiri dari gabungan personil Polda NTB, Korem 162/Wira Bhakti, Pangkalan Angkatan Laut Mataram, dan Pangkalan Angkatan Udara Rembiga mendapat kehormatan diundang resmi untuk tampil di depan Presiden RI, Panglima TNI dan Kapolri saat pembukaan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri pagi tadi, Selasa (23/1) di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Kapolda NTB Brigjen Pol Drs Firli, M.Si yang memimpin rombongan Gendang Beleq mengatakan bahwa dirinya bangga dapat menghadirkan sinergitas TNI Polri dengan mengusung budaya lokal.

“Ini merupakan kebanggan kami dalam membentuk sinergitas di wilayah NTB sekaligus mengangkat nilai – nilai kebudayaan” ungkap Brigjen Firli.

Dari 70 orang personil yang tergabung dalam tim Gendang Beleq, 17 orang berperan membawa bendera merah putih.

“Di belakang gendang beleq ada tim bendera merah putih 17 orang,” ujarnya.

Kreasi dari Kapolda NTB, membentuk formasi tim gendang beleq disusun dengan posisi hari kemerdekaan Indonesia.

“Jadi posisi gendang beleq itu formasinya 17-8-45, jumlahnya 70,” jelasnya.

Diketahui, kali ini merupakan penampilan kelima dari Tim Gendang Beleq yang telah sukses tampil dalam beberapa event besar di NTB dan Bali sebelumnya.

Danrem 162/Wira Bhakti Kolonel Infantri Farid Makruf, M. A, dan Kasat Brimob Polda NTB Kombes Pol Taufik Hidayat juga hadir bersama Kapolda NTB mendampingi tim Gendang Beleq kebanggan NTB yang dibentuk tanggal 8 Desember 2017. [hoff]

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru