Peserta Diklatpim Tingkat IV Prov. Jatim Pelajari Kampung Media

Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV tahun 2018 Provinsi Jawa Timur datang ke NTB untuk mempelajari Kampung Media. Peserta yang berjumlah 13 orang diterima langsung Sekretaris Dinas Kominfotik Provinsi NTB Fairuz Abadi di Ruang Rapat Kepala Dinas (14/03).

Kehadiran Peserta DiklatPim ini dimaksudkan untuk mendapat informasi yang detaul tentang inovasi Kampung Media yang telah meraih berbagai Penghargaan nasional diantarany 9Top Inovasi Nasional dari KemenPanRB dan Penghargaan Universal Service Obligation (USO Award) daei Kemenkominfo RI.

Fairuz yang sekaligus penggagas Kampung Media dengan gayanya yang penuh canda membuat peserta tak bosan mendengarkan. Ia menjelaskan hulu hilir kampung media yang diprogramkan sejak tahun 2008. Mulai dari sejarah berdirinya hingga kendala yang dihadapi.

"Ini merupakan program dari warga yang bertujuan meningkatkan budaya bertutur menjadi budaya menulis serta meningkatkan ekonomi kreatif warga" Jelas Fairuz

Dalam sesi diskusi, semua peserta bergantian menyamoaikan pertanyaan. Ada yang menanyakan strategi pelaksanaan hingga bagaimana informasi yang berasal dari masyarakat diproses menjadi sebuah informasi yang layak untuk disampaikan melalui laman daring kampung media.

Tak hanya itu, keinginan peserta menjadi bagian dari warga kamoung media untuk menuliskan informasinya meski bukan warga NTB menjadi pertanyaan yang semuanya dijawab dengan lengkap oleh Fairuz dan memberi inspirasi serta motovasi bagi peserta.

Eko Setiawan selaku ketua kelompok mengatakan, kampung media sangat inspiratif terutama soal pemberdayaan masyarakat. Menurutnya selama ini masyarakat hanya sebagai objek pembangunan, namun melalui Kampung Media ini masyarakat bisa menjadi subjek pembangunan teritama pembangunan bidang informasi.

“Kami terinspirasi dan akan mengadopsi gagasan ini di Jawa Timur karena sebelumnya sudah mendengarnya namun baru pertama kali ini bisa bertatap langsung dengan kepala kampung media Fairuz Abadi,” Jelas Eko. []

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru