Touris Jepang Apresiasi Aksi Warga Kampung Media


KM. Sukamulia – “Jika kalian ingin wisata Lombok tetap ramai dikunjungi wisatawan asing maka kalian harus menjaga kebersihan lingkungan objek wisata yang kalian punya dan saya bangga melihat kalian yang bersih-bersih sampah di tempat ini, padahal kalian adalah pengunjung”, ungkap Warga Jepang yang mengaku dirinya bernama Haride itu kepada kami seusainya memotret kami yang melakukan aksi bersih-bersih di sekitaran objek wisata tersebut.

Rabu (16 Mei 2018), kami (warga Kampung Media Sukamulia, Kampung Media Pohgading Timur dan Kampung Media Pondok Kerakat beserta 6 orang anggotanya) melakukan kunjungan wisata ke Objek Wisata Pemandian Air Panas Sebau. Sesampai di sana kami menemukan banyak pengunjung yang berwisata di tempat itu. Hanya saja, kami melihat lingkungan sekitar objek wisata itu lumayan kumuh karena sampah yang berserakan di sana-sini.

Melihat lingkungan yang penuh sampah itu, kami pun berinisiatip melakukan aksi bersih-bersih dan alhamdulillah aksi bersih-bersih yang kami lakukan sebelum mulai menikmati sensasi wisata berendam di air hangat sebau itu diberikan apresiasi oleh seorang wisatawan berkebangsaan Jepang yang mengaku bahwa dirinya sudah menikmati perjalanan wisatanya selama beberapa hari di wilayah Sapit.

Usai memotret kegiatan bersih-bersih yang kami lakukan di tempat itu, Haride mendekati kami. Ia mewawancarai kami dan kami mengaku bahwa kami adalah Warga Kampung Media Lotim yang sengaja melakukan perjalanan wisata guna menikmati sensasi wisata Air Panas Sebau. Setelah beberapa lama berkomunikasi, ia-pun memperkenalkan dirinya.

Haride melontarkan beberapa pertanyaan kepada saya terkait dengan apa itu Kampung Media dan saya-pun bertutur kepadanya mengenai apa itu Kampung Media dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warganya. Haride mengangguk-anggukkan kepalanya mendengarkan penuturan saya dan ia-pun menyatakan kebanggaannya atas aksi yang kami lakukan tadi.


Warga Jepang yang sudah cukup lancar berbahasa Indonesia itu kemudian berkata, “saya suka kalian, saya suka Komunitas Kampung Media dan saya bangga melihat aksi bersih-bersih yang kalian lakukan. Jika saja banyak komunitas seperti kalian yang memiliki kesadaran akan pentingnya kebersihan maka wisata Lombok akan semakin melejit di dunia internasional”.

Pada umumnya Lombok itu indah. Saya suka alamnya. Saya senang berwisata di Lombok, itulah sebabnya saya tidak bosan-bosan berkunjung ke Lombok. Hanya saja, saya kurang begitu suka melihat sampah yang berserak di tempat-tempat wisata yang ada di sepurtaran pulau Lombok, termasuk di sini (Pemandian Air Panas Sebau)”, sambung Haride.

Sebelum meninggalkan lokasi, Haride menyarankan kepada kami supaya kami terus mengampanyekan kepersihan dan berusaha mengajak komunitas Kampung Media lainnya untuk mempengaruhi masyarakat supaya ikut serta mengambil bagian dalam aksi perduli wisata dan peduli kebersihan yang dilakukan oleh warga Kampung Media. []

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru