Di Guntur Macan 25 Rumah Warga Rusak

Gunungsari – KM. Kerusakan akibat gempa yang terjadi Ahad (29/7) lalu, tidak saja memporakporandakan perkampungan di Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan Lombok Timur (Lotim), tapi imbasnya juga menimpa warga kabupaten Lombok Barat (Lobar) yakni Desa Guntur Macan Kecamatan Gunungsari. Dari data yang dapat dihimpun, sebanyak 25 rumah rusak akibat gempa berkekuatan 6,4 SR tersebut.

Sekretaris Desa Guntur Macan, Muhammad Syara’i menjelaskan, dari 25 rumah tersebut, 4 di antaranya mengalami rusak parah. Ketiga rumah tersebut milik Jabarudin dan Misdun dari Dusun Guntur Macan, Suhaedi dari Dusun Poan Utara, H. Syafi’i dari Dusun Ladungan.

“Empat rumah ini ambruk. Sedangkan 21 rumah lainnya ada yang nyaris ambruk, ada yang rusak sedang dan ringan,” jelas Syara’i.

Para penghuni rumah saat ini masing mengungsi ke rumah keluarganya yang terdekat. Sebagian ada yang tinggal di tenda darurat. Bantuan yang datang sampai sejauh ini berasal dari BPBD, Dinas Sosial dan Polres Lobar dalam bentuk sembako.

Ditambahkan, untuk rumah yang ambruk dan nyaris ambruk jumlahnya sebanyak 7 rumah. Semuanya sudah dirobohkan oleh masyarakat dan diratakan dengan tanah. “Jadi harus dibongkar total,” lanjutnya.

Akibat kerusakan tersebut, Syara’i memperkirakan jumlah kerugian mencapai Rp 1.75 milyar. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru