Iuran BPJS Bisa Dicicil

KM. Serambi_Brang Rea; Ditengah hangatnya kisruh pencabutan Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS nomor 2, 3 dan 5 tahun 2018 tentang pembatasan jaminan layanan medik terhadap katarak, rehabilitasi medik, dan pelayanan terhadap bayi yang baru lahir, TIM BPJS Wilayah Pulau Sumbawa yang mewenangi 5 Kabupaten/Kota mulai dari Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat berupaya terus memberikan pelayanan terhadap masyarakat untuk proaktif menjadi anggota BPJS. Tidak bisa dinafikkan keberadaan BPJS dengan sistem subsidi silang sangat membantu masyarakat yang membutuhkan biaya pengobatan kendati kendala system dan lambatnya proses masih sering dihadapi.

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan proaktif anggota yaitu dengan memberikan kesempatan kepada anggota yang memiliki tunggakan iuran atau kewajiban dengan mencicil sesuai dengan kemampuanya. Perlu diketahui oleh masyarakat khususnya yang telah menjadi anggota bahwa klaim asuransi kesehatan bisa digunakan (berstatus aktif ) di rumah sakit atau puskesmas apabila kewajiban dari anggota tersebut telah selesai. Hal ini diungkapkan oleh narasumber Ibu Yanti salah seorang staf BPJS siang tadi (jumat/3/8/) di Aula RM. Totang Rasa Taliwang Sumbawa Barat.

Langkah konkrit untuk mendekatkan pelayanan anggota BPJS langsung dengan masyarakat adalah dengan menjalin kemitraan dengan AGEN BNI 46 yang tersebar hampir diseluruh kecamatan. Kegiatan sosialisasi kemitraan siang tadi dihadiri lebih dari 20 agen yang tersebar di seluruh kecamatan mulai dari Poto Tano, Seteluk, Brang Rea, Taliwang, Brang Ene, Jereweh, Maluk dan Sekongkang.

Dalam kesemapatan ini disampaikan bahwa kemitraan BPJS dengan agen BNI adalah untuk yang pertama kalinya. Dengan aplikasi keagenan maka warga yang memiliki tunggakan pembayaran dari tahun-tahun sebelumnya bisa mencicil sehingga diharapkan ketika warga atau masyarakat tersebut membutuhkan layanan kesehatan menggunakan BPJS maka warga tersebut tidak terlalu berat untuk melunasinya.

Nasution (30th)  perwakilan BNI Cabang Taliwang menyampaikan bahwa Fitur Cicilan BPJS di dalam aplikasi keagenan adalah satu-satunya. Sedangkan aplikasi lainnya hanya melayani pembayaran penuh. Oleh karena itu dengan dekatnya loket pembayaran yang tersebar di seluruh kecamatan melalui konter agen-agen BNI ditambah lagi fasilitas pembayaran dengan mencicil diharapkan masyarakat akan lebih proaktif untuk menyelesaikan kewajibannya.

Untuk wilayah kecamatan Brang Rea masyarakat bisa mengunjungi Agen ATILLA CELL bertempat di Desa Desaberu yang sekaligus merupakan sekretariat kampung media. Selain itu di setiap kecamatan lainnya juga telah tersebar agen-agen yang tentunya akan memberikan pelayanan terbaik tanpa harus berurusan ke kantor BPJS. (c_benk VH)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru