400 Insinyur Muda Akan Bantu Pembangunan Rumah Korban

Mataram, KampungMedia - Dalam rangka mempercepat pembangunan rumah korban gempa Lombok Sumbawa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengirim 400 insinyur muda yang merupakan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017. Mereka tiba di Eks Bandara Selaparang, Rembige Kota Mataram Lombok dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI, Kamis (30/8).

”ke-400 tenaga pendamping itu akan membantu dan mengarahkan masyarakat yang ingin membangun rumah, dan kita berharap pembangunan rumah korban cepat terlaksana, kedatangan mereka juga secara bertahap, hari ini sebanyak 200 orang dan jumat besok akan tiba 200 lagi,” kata staf ahli Kementrian PUPR, Ghani Al Ghazali Ahmad saat diwawancarai oleh Tim Media di Lobi Eks Bandara Selaparang Rembige Kota Mataram.

Ghani menjelaskan, kedatangan 400 tenaga pendamping ini atas perintah presiden untuk mempercepat dan membantu masyarakat membangun rumah dengan struktur bangunan yang tahan gempa. Mereka akan memberikan arahan sekaligus sebagai fasilitator bagi masyarakat bagaimana membangun rumah yang tahan terhadap gempa.

“Yang membangun rumah adalah masyarakat sendiri, sedangkan kita hanya mengarahkan dan memberikan konsep bagaimana struktur bangunan yang tahan terhadap gempa,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan, ke-400 tenaga muda tersebut akan siap bekerja, tapi bukan untuk membangun rumah sebab ini sifatnya pendampingan. Pendampingan bukan menonton tetapi harus siap turun tangan membantu masyarakat untuk menyelesaikan rumah-rumah mereka.

“Kita hanya di kasih waktu selama enam bulan untuk renovasi dan pembangunan sehingga NTB bisa bangkit kembali lebih cepat,” tegas Ghani.

Konsep pembangunan rumah korban, lanjut Ghani, yaitu dengan menggunakan konsep Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) dan mereka akan memberikan edukasi kepada masyarakat yang mau membangun rumah. Konsep ini adalah rumah prefabrikasi dengan system knock down buah dari riset pusat penelitian dan pengembangan Kementrian PUPR.

“Nanti kita akan memberikan pengarahan tentang konsep Risha itu, kemudian insinyur muda akan menyampaikan juga kepada masyarakat yang ingin segera membangun rumah,” ungkapnya. (Man)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru