Lombok Kids Festival Resmi Dibuka


KM. Sukamulia – Sebagai wujud keperdulian terhadap dunia kepariwisataan Lombok Timur yang mengalami mati suri pasca gempa 7.0 SR, para penggerak wisata di Desa Kembang Kuning menyelenggarakan Lombok Kids Festival yang dimulai sejak tanggal 25 hingga 31 Oktober 2018. Tepat pada pukul 16.44 wita (Kamis, 25 Oktober 2018), festival tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Lombok Timur (H. Sukiman Azmi).

Sebagai salah satu gerakan Wisata Lombok Bangkit, para penggerak wisata di Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur menyelenggarakan Lombok Kids Festival. Untuk terselenggaranya acara ini, para penggerak wisata tersebut menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas peduli wisata Lombok Timur, Pemerintah Desa Kembang Kuning, Dinas Pariwisata Lombok Timur dan donator dari luar negeri.

Festival ini diselenggarakan untuk membangkitkan dunia kepariwisataan Desa Kembang Kuning pada khususnya dan Lombok Timur pada umumnya serta memperkenalkan budaya lokal Lombok, khusunya atraksi budaya berupa permainan tradisional masyarakat suku Sasak. Kegiatan yang digawangi oleh Lambur Community Masbagik ini dibuka secara resmi oleh Bupati Lombok Timir.

Pembukaan festival ini diawali dengan beberapa kegiatan, seperti pagelaran Tari Sambutan yang diiringi music gamelan dan pagelaran Musik Tradisional “Tongkek” dengan atraksi tari para pemainnya. Setelah melewati sambutan dari ketua penyelenggara dan Kepala Desa Kembang Kuning, acara inti pembukaan Lombok Festival Kids dibuka oleh Haji Sukiman Azmi.

Pada kesempatan itu, Bupati Lombok Timur memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Beliau juga menyampaikan kekagumannya atas pentas tari dan permainan musik tradasional yang dipentaskan sebagai pengawal acara tersebut.

Saya menyambut dengan gembira apa yang kita lakukan pada hari ini. Banyak sekali permainan yang akan dimainkan oleh anak-anak kita pada lomba ini. Oleh karena itu, kita bersyukur kepada tuhan Yang Maha Besar yang telah memberikan budaya kepada kita yang budaya itu juga merupakan salah satu asset yang bisa mendatangkan wisatawan, bisa mendatangkan pewisman/pelancong di negara kita, khususnya di wilayah kita di Kembang Kuning, Tete Batu dan sekitarnya yang terkenal sejak zaman dulu kala adalah menjadi budayawan-budayawan atau tempat dimana budaya kita bisa berkembang, ungkap Bupati Lotim dengan nada bangga.

Oleh karena itu, pada masa-masa sekarang ini, akibat dari perkembangan teknologi dan informatika, anak-anak kita lebih suka bermain handpone, main gatget, main computer jika dibandingkan dengan main-main tradisional seperti ini. Dengan demikian mari kita lestarikan budaya ini, karena tidak semua orang bisa melestarikannya, tegas-nya.


Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, pada kesempatan membuka festival tersebut, Bupati Lotim memberikan bantuan dana sebesar 10 juta sebagai hadiah untuk 11 mata lomba yang dilombakan pada Lombok Kids Festival. 11 mata lomba tersebut adalah; 1) Mantok Celengan, 2) Ngekeq Kepeng, 3) Tarik Tambang, 4) Beselodoran, 5) Becetekan, 6) Enjang-Enjang, 7) Lari 100 meter, 8) Mainan Kreasi, 9) Lari Karung, 10) Presean Anak dan 11) Ngeson Keraro.

Setelah festival tersebut resmi dibuka, Ming (Ketua Lambur Community) selaku coordinator kegiatan memulai pertandingan Mantok Celengan sebagai simbol bahwa festival tersebut benar-benar telah dimulai. Dengan demikian, mulai esok (Jum’at, 26 Oktober 2018) para peserta setiap mata lomba akan berkompetisi hingga tanggal 31 Oktober 2018. Kegiatan pembukaan ini juga dihadiri oleh para pengurus Pokdarwis dari seluruh wilayah Lotim, berbagai komunitas peduli wisata, Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata Lotim beserta rombongannya dan tamu manca negara yang sedang menikmati perjalanan wisata mereka di sekitaran Desa Kembang Kuning dan Desa Tete Batu.

Semoga kegiatan tersebut dapat membangkitkan dunia kepariwisataan Lombok Timur pada khusunya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya. Terimakasih atas kunjungannya dan Salam dari Kampung.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru