Tugas Bersama Jaga Pemilu 2019 Berjalan Aman

"Untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai ada dua strategi utama yang harus dilaksanakan yakni menjaga netralitas dan soliditas TNI Polri supaya mampu bersinergi dengan semua komponen sehingga KPU dan Bawaslu dalam menyelenggarakan Pemilu berjalan aman dan damai," ungkap Pangdam IX/Udayana  Usai menutup Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Polri.


Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP didampingi Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Achmad Juri, MH., mengajak semua pihak untuk menjaga pelaksanaan Pemilu 2019, sehingga berjalan aman dan damai," kata Pangdam.

“Jelang Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pada tanggal 17 April  2019 mendatang mari semua pihak, baik itu TNI/Polri dan seluruh masyarakat menjaga Kamtibmas sehingga kondusif,” kata Benny Susianto, Rabu (13/2) di Hotel Lombok Plaza yang dihadiri para pimpinan TNI Polri di wilayah NTB

Penggunaan kekuatan TNI dalam Pemilu sesuai dengan penyampaian Kapolda yakni 2/3 dari kekuatan Polri di setiap wilayah, namun karena keterbatasan akan menggunakan asas prioritas dari kemungkinan eskalasi ancaman. “Terkait eskalasi ancaman, sudah dipetakan semua oleh Kapolda untuk wilayah NTB dan TNI akan mengimbanginya," ujarnya.

Wilayah Kodam IX/Udayana ada tiga provinsi, sampai saat ini masih aman, meskipun ditingkat nasional Provinsi NTT dianggap termasuk daerah yang dipetakan berwarna merah, namun itu diambil dari eskalasi Pilkada. "Kita doakan saja," ucapnya.

 
Sementara itu,  Kapolda NTB menyampaikan saat ini waktu Pemilu sudah memasuki 2 bulan terakhir sehingga harus merefresh penyiapan rencana pengamanan.

"Pengamanan masing-masing TPS yang rawan ada siklus, tahapan dan mekanisme penanganannya dan apabila terjadi eskalasi ancaman maka TNI sudah dipersiapkan, papar Kapolda.

"Penggunaan TNI dalam Pemilu 2019 sebanyak 2/3 kekuatan Polri sudah diajukan sesuai dengan tahapan," Jelas Irjen Pol Drs. Achmad Juri. Sumber Pen Korem 162/WB (Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru