Pemuda Sajang Buka Jalur Pendakian Bukit Tanaq Abang


KM. Sukamulia - Di tengah kisruh pro-kontra penutupan Wisata Sembalun, Pemuda Desa Sajang membuka jalur pendakian baru di wilayah Kecamatan Sembalun. Jalur yang dibuka kali ini adalah jalur pendakian menuju Bukit Tanaq Abang yang berketinggian 1.600 mdpl.

Senin (10 Juni 2019) belasan orang Pemuda Desa Sajang Kecamatan Sembalun berangkat ke menuju Bukit Tanaq Abang dengan tujuan menyurvei dan sekaligus membuka jalur pendakian menuju bukit yang lokasinya berdekatan dengan Bukit Pergasingan. Bersama timnya, para pemuda itu merambah hutan dan padang savana guna membuat jalur pendakian yang nantinya nyaman di lalui oleh para pendaki yang berkeinginan menikmati Destinasi Wisata Sembalun dari puncak Bukit Tanaq Abang.


Menurut Habibullah (Pemuda berprofesi sebagai Pemandu Wisata Gunung asal Bawak Nao Desa Sajang), kegiatan yang mereka lakukan itu bertujuan untuk menghidupkan kembali pariwisata di Sembalun, khususnya jalur menuju Bukit Pergasingan melalui Bukit Tanaq Abang, dari desa sajang Dusun Bawak Nao.

Kegiatan ini tentunya sangat positif bagi keberlanjutan Pariwisata Sembalun, lebih-lebih saat ini ribuan pencinta wisata bukit dan gunung sangat merindukan dibukanya
kembali pendakian bukit-bukit di wilayah Sembalun dan pendakian Gunung Rinjani dari jalur Pendakian Sembalun.

Pendakian Bukit Tanaq Abang memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sebagai alternatif wisata bukit yang tidak kalah memukainya dengan pesona bukit-bukit di wilayah Sembalun yang lain dan bahkan dari jalur ini pendaki bisa mencapai puncak Bukit Pergasingan.

"Saat ini kami beserta 60-an orang pendaki yang naik lewat jalur Bawak Nao dan Kampung Karia sedang menikmati indahnya suasana malam di puncak Bukit
Tanaq Abang", papar Hajrul Azmi yang kami hubungi via telpon (Senin, 10/06/2019).

Pemuda Dusun Bawak Nao tersebut juga menceritakan bahwa Jalur Pendakian Bukit Tanaq Abang yang dibuka dari Dusun Bawak Nao tidak terlalu terjal. Untuk mencapai puncak dibutuhkan waktu normal sekitar 5 jam.

Azmi juga menceritakan bahwa jalur pendakian Bukit Tanaq Abang cukup nyaman, dimana sepanjang kurang lebih 1 km jalurnya melalui perkampungan, 2 km jalurnya melalui hutan dan 2 km menuju puncak melalui padang savana.


Puncak bukit ini cukup landai dengan tanahnya yang berwarna kemerahan sangat cocok sebagai tempat menikmati indahnya suasana sunset, camping dan suasana sunrise. Panorama yang ditawarkan dari puncak bukit ini juga tidak jauh beda dengan bukit Pergasingan dan bukit lainnya yang ada di wilayag Sembalun.

Oya, bagi anda yang berkeinginan untuk melunasi kerinduan berwisata bukit di wilayah Sembalun, Bukit Tanaq Abang adalah solusinya. Loket jalur pendakiannya berada di Dusun Bawak Nao, di sana anda dapat membeli tiket pendakian dengan harga Rp. 10.000/orang. Di sana juga terdapat tempat penitipan kendaraan (tempat parkir), Rp. 1.000/malam untuk kendaraan roda dua dan Rp. 20.000 untuk kendaraan roda empat.


Jika anda membutuhkan informasi detail mengenai Bukit Tanaq Abang, silahkan hubungi akun Facebook "Bukit Tanaq Abang, Habib Rinjani, Hajrul Azmi dan Kabar Sembalun.

Semoga dibukanya jalur Pendakian Bukit Tanak Abang ini dapat menjadi solusi bagi para adventur yang merindukan destinasi wisata bukit Sembalun.

Semoga pula dibukanya jalur ini menjadi bahan pertimbangan bagi tokoh masyarakat dan segenap
masyarakat Sembalun yang bersiteguh menutup Wisata Sembalun. Semoga kegiatan pemuda Desa Sajang ini dapat membuka pemikiran sempit yang mengatakan bahwa Bencana Gempa Terjadi Sebab Maraknya Perkembangan Dunia Kepariwisataan, khususnya di wilayah Sembalun.

Ingatlah bahwa Yang Maha Kuasa sudah menetapkan segalanya. Tidak ada suatu kejadian pun yang tidak direncanakan dan dicatat dalam lembaran-lembaran takdir-NYA. Jika Yang Maha Kuasa Berkehendak, maka semuanya bisa terjadi. Salam dari Kampung. (Poto from Postingan FB. Habib Rinjani, Hajrul Azmi dan Tawa/10/06/2019).
_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru