Binter Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial

Kodim1606/Lobar Gelar Binter Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial 

Kampungmedia.com-Mataram- Pemantauan wilayah teritorial adalah tugas utama yang diemban TNI AD dalam menjaga pertahanan Nasional. Tanggung jawab tersebut dijalani  TNI AD secara profesional dan dengan kemampuan diplomasi dalam pembinaan wilayah tugasnya serta kesiagaan dalam sistem HANKAM wilayah NKRI.

Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, Kodim 1606/Lobar menggelar Kodim 1606/Lobar Gelar Binter Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial anggota Babinsa diwilayahnya dengan menerjunkan pemateri dari Kodam IX/Udayana, Mayor Inf. I Ketut Sukadana, Pabandapuanter Sterdam IX Udayana, di Makodim 1606/Lobar, Rabu 19/6. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran perwira Kodim 1606/Lobar dan personil Babinsanya dari wilayah Koramil masing masing.

Dandim 1606/Lobar Letkol. Czi. Djoko Rahmanto, S.E., dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan tersebut berkaitan langsung dengan keberadaan Kodim1606/Lobar selaku satuan aparat komando kewilayahan terutama bagi Danramil dan Babinsa yang langsung berinteraksi dengan masyarakat di wilayah dengan segala bentuk dan karakter masyarakat di wilayah masing masing.

Aparat Kowil Kodim 1606/Lobar harus selalu siap sedia dan tanggap terhadap situasi yang berkembang di wilayah ataatau dimasyarakat. Khususnya para Babinsa yang setia hari ada di wilayah agar mempelajari karakter penduduk dan kenali para tokoh yang berpengaruh di wilayah serta dijadikan mitra karib. Sehingga dalam pelaksanaan tugas tidak ada kendala dan hambatan. Dandim juga menekankan agar para Apkowil melaporkan setiap perkembangan yang terjadi diwilayah secara berjenjang.

"Sehebat apapun Apkowil Babinsa, bila tidak mengetahui kejadian diwilayahnya, sama artinya dengan memberitahukan dirinya tidak bekerja dan tidak melaksanakan tugas", tegas orang nomor satu di jajaran Kodim 1606/Lobar.

Selain itu ditekankan kepada para perwira agar seselalu mengecek anggotanya agar terhindar dari hal hal yang tidak dikehendaki demi menjaga nama baik Kodim 1606/Lobar.

Acara tersebut dilanjutkan dengan penyampaian materi peningkatan kemampuan Teritorial oleh Mayor Inf. I Ketut Sukadana, Pabandapuanter Sterdam IX Udayana.

Tak ketinggalan juga Kasdim 1606/Lobar, Mayor Inf. Harry Mujiono, yang menyampaikan materi tentang antisipasi dampak perkembangan tekhnologi IT melalui HP yang sangat mempengaruhi mental dan moral.
Menurutnya antisipasi tersebut harus dimulai dari dirinya sendiri, keluarga, hingga masyarakat binaan diwilayah.(N3G)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru